Senin, 10 Agu 2020 16:47 WIB

Dilarang Impor Barang Mewah, tapi Kok Kim Jong Un Pakai Lexus?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kim Jong Un Pakai Mobil Mewah Jepang Lexus LX 570 Kim Jong Un Pakai Mobil Mewah Jepang Lexus LX 570. Foto: KCTV.
Jakarta -

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, kembali tampil ke publik dengan mobil mewahnya. Kali ini, mobil SUV Lexus LX 570 menemani perjalanannya ke Provinsi Hwanghae Utara, Korea Utara, Jumat lalu.

Menurut laporan Yonhap, SUV mewah itu dikendarai Kim Jong Un untuk berkeliling desa yang hancur akibat banjir yang meluas. Foto-foto yang beredar menunjukkan pemimpin Korea Utara itu keluar dan berdiri di pintu sopir Lexus LX 570 untuk menyambut penduduk di Provinsi Hwanghae Utara.

Kim berada di wilayah itu untuk mengirimkan persediaan dan makanan penting kepada korban banjir. Bukan Mercy yang biasa dia pakai dan dikawal belasan bodyguard, Kim Jong Un lebih memilih SUV bongsor dari Jepang, Lexus 570.

Mobil-mobil mewah yang dipakai Kim Jong Un memang menuai kontroversi. Sebabnya, Dewan Keamanan PBB telah melarang anggotanya untuk mengekspor barang mewah ke Korea Utara.

Sebelum pakai Lexus LX 570, Kim Jong Un sering terlihat dengan mobil mewah lainnya, seperti Mercedes-Benz dan Rolls-Royce.

Kim Jong Un sulap MercedesMobil Mercedes-Benz Kim Jong Un yang dikelilingi belasan bodyguard. Foto: Autoblog

Kim Jong Un beberapa kali terlihat menggunakan mobil Mercedes-Maybach S600 Guard. Mobil mewah asal Jerman itu pun menuai kontroversi. CNN mengungkapkan cara Kim Jong Un bisa memiliki Mercedes-Maybach S600 Guard meski dilarang oleh PBB. Dikatakan untuk bisa memiliki mobil super mewah dan aman, Kim Jong Un harus bersabar hingga berbulan-bulan. Karena mobil ini harus melalui setidaknya 6 negara sebelum bisa sampai ke Korea Utara, berdasarkan data Center for Advanced Defense Studies (C4ADS) yang berbasis di Washington.

Mercedes-Maybach S600 Guard ini diawali terbang dari Dutch Port of Rotterdam, menuju China, Jepang, Korea Selatan dan Rusia, hingga baru sampai ke Pyongyang, Korea Utara. Jika dilihat dari perjalanan ini, sangat memungkinkan hanya Kim Jong Un yang bisa melakukannya di Korea Utara.

C4ADS menemukan bahwa Korea Utara mengimpor setidaknya $ 191 juta barang mewah dari 2015 hingga 2017, bersumber dari 90 negara dan ini melanggar aturan PBB.

C4ADS menyimpulkan bahwa Korea Utara memiliki serangkaian skema yang kompleks dan terus berkembang untuk mendapatkan barang-barang mewah, seperti mobil Kim Jong Un. Laporan itu menyimpulkan Pyongyang telah mengimpor 803 kendaraan mewah dari 2015 hingga 2017, dengan mayoritas berasal dari perusahaan Rusia.



Simak Video "Kim Jong-un Ngamuk Gegara Pembangunan Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com