Selasa, 28 Apr 2020 12:32 WIB

5 Mobil Kim Jong Un yang Penuh Kontroversi

Rizki Pratama - detikOto
Mobil  Kim Jong Un Mobil kontroversial Kim Jong Un Foto: drivetribe
Jakarta -

Kabar meninggal atau menghilangnya Kim Jong Un menyelingi informasi mengenai pandemi virus Corona. Hingga hari ini informasinya masih simpang siur dan otoritas Korea Utara tak menanggapi sama sekali upaya verifikasi dan kofirmasi dari media internasional maupun media nasional Korut.

Pemimpin diktator yang nyentrik ini memang tak pernah lepas dari isu kontroversial. Bahkan mobil-mobil kepunyaannya pun tak lepas dari berbagai terpaan kritik. Mobil apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Kabar kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi perhatian dunia. Berbagai isu muncul terkait kondisi kesehatan orang nomor satu Korea Utara ini.Kabar kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi perhatian dunia. Berbagai isu muncul terkait kondisi kesehatan orang nomor satu Korea Utara ini. Foto: Getty Images


Mobil ini menuai banyak kecaman karena Mercedes-Benz menjual mobil ini kepada Kim. Padahal secara legal Mercedes-Benz tidak pernah menjual mobil tersebut di Korea Utara.

Mobil ini dibeli di China dan dikirimkan menggunakan kapal barang berkebangsaan Togo. Selama di lautan kapal yang mengangkut mobil itu mematikan sistem pelacakan sehingga tidak ada yang dapat mengetahui persis keberadaan dan pergerakannya.

Diduga kapal itu berlabuh di Rusia agar mobil dapat diterbangkan menggunakan pesawat angkut militer Rusia menuju pelabuhan Vladivostok. Dari sana belum ada yang dapat menejelaskan bagaimana mobil bisa mendarat di Korut.

S600 Pullman Guard adalah kendaraan lapis baja tingkat B7 Eropa dari jajaran S-Class. Mobil dapat menahan peluru, C-4, granat, dan banyak lainnya. Selain itu ban mobil juga anti bocor, tangki bahan bakar 90 liter, suspensi dan rem yang disempurnakan, dan yang paling utama adalah mesin V12 5,5L.

Selain model itu, Kim ternyata juga termasuk pecinta Mercedes-Benz. Kecintaan itu merupakan warisan dari almarhum ayahnya yang diketahui memiliki 30 model mobil Mercedes-Benz.

2. Audi R8 V10 Generasi Pertama

3 Mobil Audi akan diluncurkan di Indonesia A3 Sportback, Q5 dan R8 V103 Mobil Audi akan diluncurkan di Indonesia A3 Sportback, Q5 dan R8 V10 Foto: Audi


Jawara 6 kali balapan Le Mans, Jacky Icks mengatakan mobil ini meruapakan mobil yang memiliki handling terbaik di pasaran. Mobil ini memang tidak pernah tertangkap kamera berada di dekat Kim, namun mobil ini termasuk ke dalam 42 model Audi yang masuk ke Korut dan besar kemungkinan ini adalah miliknya.

R8 generasi pertama adalah salah satu Audi terbaik yang pernah dibuat. R8 V10 ditenagai oleh mesin V10 5.2L yang menghasilkan 525 hp. Tampilan mobil ini juga memukau, karena masih terlihat futuristik sampai saat ini.

Mobil ini dilengkapi dengan sistem AWD cerdas yang memungkinkannya dapat mengatasi permukaan jalan dengan traksi kecil. Banyak yang memperdebatkan apakah Kim memiliki kemampuan mengendarai mobil ini atau tidak.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com