ADVERTISEMENT

Tes BMW F 900 R: Moge Roadster Rp 400 Jutaan yang Jinak Dipakai Harian

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 09 Feb 2022 07:46 WIB
Jakarta -

Di kelas moge roadster atau naked, BMW Motorrad Indonesia punya jagoan yang baru mereka datangkan pada medio 2020 silam, yakni F 900 R. Moge roadster asal Jerman ini, dipastikan mengusik rival sekelasnya seperti KTM Duke 790, Ducati Monster, hingga Yamaha MT-09.

Namun tentunya BMW punya banyak peluru untuk menaklukkan rivalnya. Lantas apa saja yang ditawarkan BMW F 900 R ini dan seperti apa rasanya untuk dipakai harian? Simak ulasan kami kali ini!.

BMW F 900 RBMW F 900 R Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desain Ikonik

BMW F 900 R hadir dengan desain yang kental aura moge roadster Eropa-nya. Desainnya sangar, banyak aksen meruncing, dan tampil modern bak bahasa desain BMW kekinian. Sekilas, postur moge ini mirip dengan motor kustom bergaya street fighter. Siluetnya tampak padat di depan, namun ramping di area belakangnya.

Dari depan, terlihat lampu utamanya yang sangat ikonik. Tampak pesek, namun dimensinya cukup lebar untuk menampung seperangkat lampu canggih yang BMW sebut dengan Headlight Pro. Sayang area lampu ke atas, tampak kosong dan memiliki ceruk yang membuat desain di depan sedikit canggung.

Namun di bagian depan tetap istimewa berkat kaki-kakinya yang sudah mengusung sok depan upside down dan menjepit pelek ring 17 dengan ban ukuran 120/70. Rem depannya pun tampak mewah karena hadir dengan cakram ganda ukuran 320 mm yang dijepit kaliper 4 piston dari Brembo di masing-masing sisi.

Geser ke samping, desainnya tampak ramping namun padat di area shroud. Di bagian shroud, F 900 R tampak jumawa berkat emblem BMW yang terpampang dan menguatkan karakternya. Lalu geser ke area joknya tampak umum berkat jok model menyatu.

BMW F 900 RDimensi BMW F 900 R tak intimidatif untuk pemula Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Secara umum, dimensi dari F 900 R ini memang tak intimidatif. Tercatat, panjangnya hanya 2.140 mm, lebarnya 815 mm, dan tingginya 1.130 mm. Kalau tak familiar, lebarnya hanya terpaut 60 mm atau 6 cm dan tingginya panjangnya terpaut 50 mm atau 5 cm dari Yamaha MT-25.

Geser ke area belakang, F 900 R ini juga hadir dengan part yang istimewa. Sok belakangnya sudah mengusung model elektrik Dynamic ESA yang nge-link ke lengan ayunnya. Lalu figur kaki-kaki belakangnya juga tampak berotot berkat pelek ring 17 yang dibalut dengan ban ukuran 180/55.

Lantas menurut kami sulit untuk tak suka desain keseluruhan dari BMW F 900 R ini. Di kelasnya, BMW hadir dengan desain yang cukup ikonik dan berkarakter.

[Halaman selanjutnya: Mesin Buas yang Mudah Dijinakkan]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT