Irit Banget! Mesin 350cc Royal Enfield Meteor Tembus 32 km/Liter!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 23 Jul 2021 17:27 WIB
Jakarta -

Royal Enfield Meteor 350 hadir menjadi salah satu motor gede termurah yang saat ini Royal Enfield Indonesia jual. Dengan banderol mulai dari Rp 100 Jutaan dan mesin yang tidak terlalu 'bengis', motor ini cocok menjadi moge untuk harian.

Salah satu hal yang menurut kami perlu diacungi jempol adalah dari efisiensi bahan bakar mesin 350cc ini. Hasil pengetesan kami dengan metode full-to-full, Royal Enfield Meteor 350 ini dapat mencatatkan angka konsumsi bahan bakar rata-rata di kisaran 32 km/Liter.

Angka segitu, kami dapat dari membawa motor ini sepanjang beberapa hari dengan rute total 151 km. Ternyata dari tangki bensin penuh, Meteor 350 ini hanya perlu ditambahkan bensin sebanyak 4.6 Liter. Angka segini, tergolong irit untuk ukuran motor 350cc.

Belum lagi ketika berbicara motor untuk harian, tentunya selain harus nyaman dan irit, terkadang untuk ukuran motor bermesin 350cc, ada kekhawatiran akan panas mesin yang mengganggu.

Dari pengetesan kami di jalanan yang macet dan siang hari terik sekali pun, ternyata panas mesin tidak terasa mengganggu dan masih cukup nyaman untuk digunakan. Padahal, mesin 350cc nya ini hanya mengandalkan pendingin udara dan oli saja.

Jadi menurut kami, untuk menggunakan Royal Enfield Meteor 350 ini sebagai kendaraan 'tempur' harian pastinya tidak ada masalah. Terlebih, karena dimensinya yang tidak terlalu besar dan cenderung gampang untuk dikendarai, bahkan oleh awam moge sekalipun.

Namun, ada hal yang menurut kami lumayan akan merepotkan jika hendak menggunakan Royal Enfield Meteor 350 ini untuk harian, yaitu bobotnya.

Di atas kertas, bobot isi dari Royal Enfield Meteor 350 ini mencapai 191 kg. Bobot segitu, sama dengan 2 kali lipatnya Honda Beat, namun ditambah 10 kg. Jadi untuk menggeser motor ini di parkiran, agak sedikit butuh tenaga ekstra.

(mhg/din)