Test Ride Nex Crossover: Bisa Dibawa Offroad atau Menang Tampilan Doang?

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 04 Des 2020 13:29 WIB
Test Ride Suzuki Nex Crossover
Test Ride Suzuki Nex Crossover. Foto: Suzuki Indonesia
Jakarta -

Kalau saat ini tren mobil adalah SUV, di motor gaya petualang semakin ramai pula. Dari segmen bawah sampai atas ada pilihannya termasuk Suzuki Nex Crossover yang baru saja diluncurkan.

Skuter entry level ini mengusung tampilan motor terabas yang dibuat lebih jangkung dari varian standar Suzuki Nex. Nah, apakah tampilan motor ini setangguh kemampuannya di medan off-road? PT Suzuki Indomobil Sales memberikan kesempataan pada awak media untuk menemukan jawabannya lewat sesi test ride. Pengujian dilakukan pada Rabu (3/12/2020).

Jalur yang dipilihkan untuk menguji motor ini pun cukup tepat. Mulai dari jalan aspal hingga medan sulit bertanah. Panjang rutenya kira-kira 15 km pulang pergi dari titik awal ke titik akhir. Bagaiamana impresi detikoto menjajal Suzuki Nex Crossover? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Desain

Test Ride Suzuki Nex CrossoverTest Ride Suzuki Nex Crossover Foto: Suzuki Indonesia

Perbedaan paling mencolok dari Nex Crossover dengan saudaranya adalah bagian setang. Suzuki Nex Crossover menggunakan stang telanjang yang tinggi layaknya motor terabas. Selain setang tidak banyak beda dari bagian body dan lampu Nex Crossover dengan Nex lainnya.

Kesan terabas lain yang diberikan dari tampilannya adalah pemilihan ban tubeless dual purpose. Warna body tersedia dalam dua pilihan, Solid Black dan Stronger Red-Titan Black.

2. Fitur

Soal fitur tidak banyak yang baru ditawarkan oleh Nex Crossover. Selain jenis ban dan panel instrumen kini sudah digital yang menampilkan indikator kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu. Suzuki Nex Crossover juga didukung oleh lapisan jok dengan kombinasi warna dual-tone yang baru.

3. Posisi Berkendara

Test Ride Suzuki Nex CrossoverTest Ride Suzuki Nex Crossover Foto: Suzuki Indonesia

Dengan stang telangjang yang tinggi posisi berkendara jadi lebih nyaman terutama bagi orang yang memiliki postur sedikit lebih tinggi. Jarak antara tubuh dan tangan dengan mudah menyesuaikan posisi duduk sesuai kenyamanan.

Selain itu, ruang kaki juga jadi terasa luas sehinga dapat diposisikan sedemikian rupa tergangung gaya berkendara. Suzuki Nex Crossover memiliki panjang 1.890 mm lebar 765 mm dan tinggi 1.055 mm.

Jok juga terasa lebih empuk daripada varian Nex yang lain. Secara tidak langsung memang menjadi syarat wajib untuk motor yang akan dijajal di medan sulit dan tidak rata.

4. Handling

Test Ride Suzuki Nex CrossoverTest Ride Suzuki Nex Crossover Foto: Suzuki Indonesia

Suzuki Nex Crossover dirancang untuk jalan perkotaan dan jalan yang tidak rata. Memang tidak ditujukan untuk mereka yang hobi berpetualang tapi untuk off-road ringan motor ini cukup memadai.

Di jalan aspal motor dapat melakukan manuver lincah dengan grip yang cukup baik. Sementara itu di jalan tanah ban dual purpose sudah dapat menjaga keseimbangan motor dengan apik.

Untuk suspensinya di jalan aspal terasa sangat empuk untuk orang dengan bobot badan 75 kg. Tapi beberapa rekan media yang memiliki berat badan lebih dari itu mengaku saat di medan sulit suspensi kurang mampu meredam goncangan saat digunakan dengan cukup ekstrim naik turuun jalan tanah.

Pengeraman pun juga terasa mumpuni baik untuk jalan aspal maupun tanah. Di jalan yang basah pun sempat melakukan pengujian dan motor dapat dikendalikan dengan mudah.

5. Performa

Test Ride Suzuki Nex CrossoverTest Ride Suzuki Nex Crossover Foto: Suzuki Indonesia

Suzuki Nex Crossover menggendong mesin SEP (Suzuki Eco Performance) berkapasitas 115cc, 1-cylinder, SOHC (Single Over Head Camshaft) dan teknologi FI (Fuel Injection) bertenaga 6,9 kw. Mesin pun mudah dinyalakan berkat teknologi Suzuki Easy Start System, yang juga telah digunakan pada motor Suzuki lainnya.

Di jalanan motor ini memberikan tenaga yang dirasa di atas rata-rata motor bermesin 110 cc. Kecepatan maksimal masih bisa dicapai di angka lebih dari 90 kpj. Begitu pula respon saat buka tutup gas tenaga mesin dapat dirasakan tarikannya.

Begitu juga di jalan tanah, motor ini dapat menanjak di jalanan yang lumayan curam dengan sedikit bantuan dorongan tenaga dan tentu berkat ban dual purposenya.

6. Kesimpulan

Motor ini kemampuannya di dalam kota sangat baik dan terasa bertenaga. Kalau mau dibawa untuk offroad ringan juga masih mumpuni, tapi jangan harap seperti motor-motor khusus trail yang memang didekasikan hanya untuk terabas dan memiliki mesin lebih besar.

Soal kenyamanan motor ini patut diperhitungkan dibandingkan dengan motor sejenis di kelasnya seperti Honda Beat Street dan Yamaha X-Ride.

Soal harga Suzuki Nex Crossover dibanderol Rp 17.990.000 OTR Jakarta.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)