Fitur Active Yaw Control Hadir di Mitsubsihi New Xpander Cross, Apa Fungsinya?

ADVERTISEMENT

Fitur Active Yaw Control Hadir di Mitsubsihi New Xpander Cross, Apa Fungsinya?

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 26 Agu 2022 14:19 WIB
Mitsubishi New Xpander Cross
Active Yaw Control bekerja layaknya fitur pengontrol kestabilan, namun AYC bekerja lebih spesifik untuk kondisi jalan licin dan mobil dalam keadaan berbelok.(Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik)
Jakarta -

Mitsubishi belum lama ini merilis Xpander Cross terbaru. Tak hanya dari segi desain eksterior dan interior, LSUV 7 penumpang dari Mitsubishi ini juga ketambahan fitur keselamatan baru yakni Active Yaw Control (AYC).

Fitur AYC sejatinya sudah bisa ditemukan di model Mitsubishi lain seperti Eclipse Cross ataupun Outlander PHEV.

Fitur ini bekerja layaknya fitur pengontrol kestabilan, namun AYC bekerja lebih spesifik untuk kondisi jalan licin dan mobil dalam keadaan berbelok.

Head of Training Dealer Operation Quality Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Arif Dwiango mengatakan fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan kestabilan mobil dan dapat melakukan intervensi kepada pengereman dalam kondisi tertentu.

"Jadi fungsinya adalah untuk mengoptimalkan kestabilan ketika bermanuver di kondisi jalan yang licin. Karena memang fungsinya AYC ini untuk mengaktifkan pengereman di sisi dalam tikungan," papar Arif.

"Misalnya kita nikung ke kanan, maka komputer mendeteksi roda kanan itu terlalu cepat dari gaya nikungnya dan gaya memutar atau yaw, maka pengereman di sisi dalam kendaraan ini akan diaktifkan secara otomatis tanpa harus menginjak pedal rem," lanjutnya.

Fitur Active Yaw Control (AYC) di Mitsubishi New Xpander CrossFitur Active Yaw Control (AYC) di Mitsubishi New Xpander Cross Foto: dok. MMKSI

Saat dites oleh detikOto, fitur ini memang benar-benar membuat rasa percaya diri meningkat. Kami melakukan tes di kondisi jalan tergenang air dan bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Hasilnya, sebagai mobil penggerak roda depan, gejala understeer jadi sangat minim dan pengendalian mobil pun lebih stabil. Selain itu, setir rasanya terkendali dengan kecepatan yang juga disesuaikan.

Kendati demikian, untuk merasakan kerja fitur ini kita harus bermanuver dengan ekstrem dan memacu mobil di kecepatan yang tinggi. Jika tidak, rasa berkendara Xpander Cross terbaru ini akan sama saja, karena mobil tetap stabil dengan fitur pengontrol kestabilan atau electronic stability control (ESC).

Menurut kami dalam kondisi sehari-hari, sangat jarang kita akan menggunakan fitur AYC ini. Karena tidak elok rasanya jika memacu mobil dalam kecepatan tinggi di jalan umum, dan melakukan manuver ekstrem di kondisi jalan tergenang air.

Namun hadirnya fitur AYC ini tentu berguna dan dalam kondisi tertentu akan membuat mobil lebih aman.

"Tentunya ini untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika bermanuver di jalan yang licin," papar Arif.



Simak Video "Gagah! Ini Ubahan Interior di Mitsubishi Xpander Cross Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT