Subaru Forester S EyeSight: Mobil Keluarga yang Siap Blusukan Ke Mana Saja!

ADVERTISEMENT

Subaru Forester S EyeSight: Mobil Keluarga yang Siap Blusukan Ke Mana Saja!

Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 18 Jul 2022 07:04 WIB

Fitur Paling Lengkap di Kelasnya

Sebagai varian termahal, tentu Subaru Forester S ini hadir dengan fitur yang lengkap. Menariknya, tak hanya lengkap dari lini produknya, Subaru Forester S ini juga siap diadu dengan rival sekelasnya seperti Honda CR-V atau Mazda CX-5.

Dari segi drivetrain, tentu Subaru Forester ini paling digdaya. Selain satu-satunya yang mengusung penggerak all-wheel drive, Forester juga dibekali fitur X-Mode yang sangat membantu pengendara melewati jalan offroad.

Fitur X-Mode di Subaru Forester S memungkinkan kita untuk memilih medan seperti apa yang akan kita lalui. Nantinya komputer di mobil ini akan menyesuaikan besaran torsi ke ban, agar kita lebih mudah melewati medannya.

Selain itu, hadirnya fitur Auto Hold dan Hill Descent Control juga sangat membantu pengendara ketika melewati jalur perbukitan yang naik-turun.

Subaru Forester S EyeSightSubaru Forester S EyeSight tergolong akomodatif dan membuat kepraktisan berkendara jadi meningkat Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Fitur lain yang juga menarik di mobil ini adalah dari kepraktisannya. Subaru membekali Forester dengan beberapa hal-hal kecil yang dapat membuat perjalanan jadi asyik dan lebih praktis.

Contoh, pembukaan pintu di mobil ini sangat luas. Sehingga membawa barang besar jadi tidak merepotkan. Lalu permukaan bodi di sisi samping jok penumpang juga dapat diinjak, untuk memudahkan pengendara berdiri dan lebih mudah untuk menjangkau barang jika ada roof box.

Embel-embel EyeSight di namanya pun bukan tanpa arti. Dengan kata ini, artinya Subaru Forester S yang kami tes dibekali dengan peranti keselamatan canggih berbasis sensor kamera, yang mampu menjaga mobil.

EyeSight sejatinya mirip dengan fitur Honda SENSING atau Mazda i-ActiveSense. Di mana, stereo kamera di Subaru Forester ini akan membaca situasi di depan mobil dan memberi perintah kepada komputer jika ada hal yang harus dihindari.

Subaru Forester S EyeSightSubaru Forester S EyeSight Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Ada banyak fitur turunan di EyeSight ini, namun selama pengetesan ini setidaknya ada beberapa yang akan kami highlight, yakni Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, dan Pre-Collision Brake System.

Fitur Adaptive Cruise Control dan Lane Keep Assist tentu mampu membuat kita berkendara lebih rileks dan mempercayakan kemudi ke komputer Subaru. Selama pengetesan ini, rasanya fitur ini berfungsi maksimal ketika kita melaju di jalan tol.

Sebab, stereo camera dari Subaru Forester ini cukup lambat dalam membaca marka jalan untuk Lane Keep Assist-nya. Sehingga butuh marka yang panjang dan terlihat jelas, agar fitur ini dapat bekerja maksimal.

Selain itu, pada malam hari atau kondisi hujan lebat, kinerja dari Adaptive Cruise Control-nya terasa kurang lembut. Mobil kerap kali mendadak ngegas untuk mengejar mobil di depannya yang sudah menjauh lebih dulu. Sedangkan untuk fitur Pre-Collision Brake System ini sebenarnya bekerja cukup baik.

Namun saran kami, jangan gunakan di area padat penduduk atau padat lalu lintas. Sebab beberapa kali Forester yang kami kendarai mengambil ancang-ancang pengereman darurat karena ada motor yang memotong jalur kami. Hal ini justru mengagetkan dan kurang nyaman penggunaannya.

Well, menurut kami ada atau tidaknya fitur EyeSight di mobil ini, untuk saat ini tidak terlalu relevan. Dari pengetesan kami, mungkin hanya sekitar 20% fitur ini membantu perjalanan.

Membeli Subaru Forester tipe rendah yang tanpa EyeSight memang menarik. Namun perlu diingat, tipe tersebut banyak memangkas hal lain yang cukup menarik, seperti sun-roof, pelek two-tone, hingga X-Mode yang lebih advance.

Mungkin sudah saatnya untuk Subaru mendatangkan trim menengah dari Forester. Bisa jadi Subaru Forester S tanpa EyeSight.

Ketersediaan dan Harga Subaru Forester

Subaru Forester merupakan pilihan menarik di kelasnya. Selain karena beberapa kelebihan tadi, mobil ini juga belum 'pasaran' di jalanan dan menurut kami itu jadi nilai plus.

Apalagi jika dibandingkan dengan Honda CR-V yang dijual seharga Rp 515,9 hingga Rp 666,4 juta dan Mazda CX-5 di kisaran Rp 597,7 hingga Rp 607,7 juta, membuat Subaru Forester ini kian menarik.

Subaru menjual Forester ini dalam dua pilihan, yakni Subaru Forester 2.0i L yang dijual Rp 579,5 juta dan Subaru Forester 2.0i S EyeSight yang dijual seharga Rp 659,6 juta.


(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT