Adu Subaru Forester 2022 Vs New Honda CR-V, Siapa Lebih Baik?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 19 Mei 2022 06:22 WIB
Subaru Forester vs New Honda CR-V
Subaru Forester 2022 vs New Honda CR-V (Foto: istimewa)
Jakarta -

Subaru Forester 2022 resmi dijual di Indonesia. Mobil SUV yang diimpor langsung dari Jepang ini ditawarkan dengan harga cukup kompetitif. Dan jika menilik pesaingnya di segmen ini, salah satunya ada nama New Honda CR-V. Jika diadu secara spesifikasi dan fitur, mana yang lebih unggul di antara keduanya?

Sebelumnya perlu dicatat, Subaru Forester yang dijual PT Plaza Auto Mega merupakan unit CBU (Completely Built Up) atau mobil yang diimpor dalam kondisi utuh langsung dari pabrik Subaru di Jepang. Sementara New Honda CR-V sudah dirakit secara lokal oleh PT Honda Prospect Motor.

Berikut perbandingan Subaru Forester 2022 dengan New Honda CR-V, baik itu dari sisi desain, spesifikasi mesin, fitur-fitur, termasuk harga serta tipe.

Honda CR-V terbaruHonda CR-V terbaru Foto: Paultan

Bahasa Desain

Subaru Forester 2022 (generasi kelima) mengadopsi bahasa desain BOLDER yang menekankan pada value, adventurous, power, dan sturdiness. Mobil ini memiliki garis desain cukup kuat dengan fascia depan baru, desain bumper depan X dan desain lampu depan dengan motif Daytime Running Light (DRL) baru, serta projector LED dengan Adaptive Driving Beam (ADB) dan Steering Responsive Headlight (SRH).

Di bagian depan terdapat underguard yang menyatu dengan under-body flat panel. Lalu bagian samping terdapat dua garis body di samping dan empat garis fender yang kokoh, serta bagian belakang lampu desain C-shape. Secara umum, tampilan Subaru Forester ini terkesan kokoh, elegan, dan tanpa bahasa desain agresif dan sporty seperti SUV Jepang kebanyakan.

Sementara New Honda CR-V hadir dengan karakter SUV yang lebih premium terlihat dari New Front Bumper Design dan New Black Front Grille. Tampang depan mobil ini juga makin modern dengan New Sequential LED Turning Signal. Dan dari belakang, New Honda CR-V mendapatkan New Rear Bumper Design, New Rear Smoked Tail Light, Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design.

PT Plaza Auto Mega resmi menghadirkan Subaru Forester 2022 ke Indonesia. Kendati dibekali sistem penggerak All Wheel Drive (AWD), mobil SUV ini punya harga yang kompetitif.PT Plaza Auto Mega resmi menghadirkan Subaru Forester 2022 ke Indonesia. Kendati dibekali sistem penggerak All Wheel Drive (AWD), mobil SUV ini punya harga yang kompetitif. Foto: Dok. Subaru Indonesia

Mobil ini juga memiliki New Hand-Free Access Power Tailgate memungkinkan pengendara membuka dan menutup pintu bagasi hanya dengan ayunan kaki, sehingga dapat memudahkan pengendara untuk memasukkan atau mengeluarkan barang-barang yang banyak tanpa sentuhan tangan. Sementara sisi samping tampil agresif dengan New Alloy Wheel 18".

Spesifikasi Mesin

Meski ada dua tipe yang dipasarkan, Subaru Indonesia hanya menawarkan satu pilihan mesin untuk Forester. Subaru Forester 2022 versi Indonesia pakai mesin dengan kode FB20, Boxer Engine, 4-silinder, 2.0L Naturally Aspirated (N/A) yang menghasilkan tenaga 153,8 dk di 6.000 rpm dan torsi 196 Nm di 4.000 rpm.

Kendati hanya mendapatkan satu pilihan mesin, teknologi yang ditawarkan Subaru Forester 2022 unggul dibanding para kompetitornya. Sebab mesin itu menggunakan penggerak semua roda atau All Wheel Drive (AWD) dengan teknologi Symmetrical. Sistem penggerak tersebut diputar dengan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD untuk penyaluran tenaga yang halus dan merata di semua putaran dan kondisi jalan.

Beralih ke New Honda CR-V, pilihan mesinnya lebih banyak dibanding Subaru Forester. New Honda CR-V punya pilihan mesin 2.0L SOHC i-VTEC, dengan tenaga 151,8 dk dan pilihan mesin 1.5L DOHC Turbo, dengan tenaga 187,4 dk di 5.600 rpm dan torsi 240 Nm pada 2.000 - 5.000 rpm. Klaim Honda, dengan mesin VTEC Turbo, mesin 1.500 cc jadi memiliki performa mesin seperti mesin 2.000 cc.

Berbeda dengan Subaru Forester yang menggunakan empat roda, New Honda CR-V hanya menggunakan sistem penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD). Sistem penggerak depan New Honda CR-V dikawinkan dengan sistem transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang diklaim mampu memberikan perpindahan transmisi yang lebih halus.