Beda Level, Subaru Forester di RI Bukan untuk Menantang SUV-SUV China

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 19 Mei 2022 16:46 WIB
COO Subaru Indonesia Arie Christopher, Presiden Direktur Subaru Indonesia Paula Dewiyanti, dan Director PT Plaza Auto Cipta Carlos Sanusi, berdiri di samping The all-new Subaru Forester 2.0i-L yang baru saja diluncurkan di Flagship Dealer, Plaza Subaru Alam Sutera, Tangerang, Rabu (18/5/2022).
Subaru Forester 2022 resmi dijual di Indonesia. (Foto: Dok. Subaru Indonesia)
Jakarta -

PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) resmi menghadirkan produk pertamanya di Tanah Air, Subaru Forester. Mengusung gaya SUV, kehadiran Subaru Forester di Indonesia bukanlah untuk bersaing dengan mobil-mobil SUV China, sebagaimana yang ditawarkan Wuling, DFSK, maupun Chery. Subaru Forester ada di level yang berbeda.

Subaru Indonesia melakukan gebrakan di kuartal pertama 2022 dengan membawa SUV terbarunya, Forester. Mobil ini masih tergolong baru karena baru saja dirilis di Jepang pada Desember 2021 lalu. Adapun model Forester yang didatangkan ke Indonesia merupakan unit yang diimpor secara utuh dari Jepang.

Produsen mobil asal China Chery resmi kembali masuk ke pasar Indonesia. Chery juga sudah siap menghadapi kerasnya persaingan di industri otomotif Tanah Air.Mobil SUV buatan China, Chery Foto: Agung Pambudhy

Dijelaskan Chief Operating Officer (COO) Subaru Indonesia, Arie Christopher, merek Subaru yang sudah ada sejak 1958 telah memiliki penggemarnya sendiri. Merek Subaru memiliki keunikannya tersendiri dan segmennya sendiri.

"Jadi saya bisa bilang bahwa Subaru is different (berbeda) sesuai hashtag-nya. Jadi kita memang sangat berbeda, kita sangat menjunjung tinggi yang namanya core technology. All Wheel Drive sistemnya Subaru sudah ada sejak 1972 dan masih konsisten dipakai hingga saat ini. Ya saya rasa kita emang berbeda (dengan brand-brand China)," kata Arie di di Plaza Subaru Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (18/5/2022).

Sebagai informasi, Subaru Forester yang dibawa ke Indonesia merupakan generasi kelima model 2022. Model ini meluncur pertama kali di Jepang pada Desember 2021 dan dijual secara global mulai kuartal pertama tahun 2022.

Subaru Forester untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam dua pilihan tipe dan harga, pertama tipe 2.0i-L Rp 579.500.000. Sementara Subaru Forester kedua tipe 2.0i-S EyeSight dilepas dengan harga Rp 659.500.000. Kedua harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

Bagi konsumen yang berminat membeli mobil ini harus bersabar menunggu beberapa bulan. Sebab batch pertama distribusi Subaru Forester baru akan dilakukan pada Agustus 2022.

(lua/din)