ADVERTISEMENT

Uji All New Ertiga Hybrid dari Surabaya-Batu, Beneran Irit?

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 27 Jun 2022 20:04 WIB
All New Ertiga Hybrid diuji Surabaya-Malang-Surabaya.
All New Ertiga Hybrid Foto: Agoes GPK/Istimewa
Jakarta -

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membuat gebrakan saat memperkenalkan All New Ertiga Hybrid dengan harga jual di bawah Rp 300 juta. Menjadi mobil hybrid termurah di Indonesia saat ini, apa benar Ertiga paling anyar ini hemat BBM?

Untuk menjawab rasa penasaran seberapa irit All New Ertiga Hybrid berlari, detikOto pun langsung mengujinya dengan melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Batu, Malang, Jawa timur. Ada 2 unit yang kami jajal, yakni All New Ertiga Hybrid SS bertransmisi otomatis (AT) dan GX bertransmisi manual (MT).

Nah penasaran bagaimana rasanya mobil hybrid termurah di Indonesia saat ini yakni All New Ertiga Hybrid, simak ulasannya berikut ini.

1. Muka Lama Teknologi Baru

Soal desain All New Ertiga Hybrid, Suzuki Indomobil Sales memang seakan tidak ingin mengubah ciri khas dari Suzuki Ertiga. Sehingga bisa dipastikan desain All New Ertiga Hybrid memiliki desain yang mirip dengan All New Ertiga konvensional alias bensin.

Meski demikian, untuk All New Ertiga Hybrid SS dan GX memiliki perbedaan desain grill. Pada bagian penerangan lampu yang disematkan masih hologen proyektor, namun untuk tipe All New Ertiga Hybrid GX tidak disematkan lampu DRL sedangkan versi SS sudah dilengkapi DRL.

Selanjutnya perbedaan lain dari SS dan GL, SS adalah pada side skirt yang lebih sporty, dan velg palang bintang dengan tampilan two tone dengan ukuran 185/65 R15. All New SS juga dilengkapi dengan spoiler dan diffuser pada bagian bawah, bersama dengan emblem Hybrid semakin menambah sporty.

Suzuki Ertiga HybridSuzuki Ertiga Hybrid Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Layaknya All New Ertiga konvensional, Ertiga versi hybrid juga memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 dan tinggi 1.690 mm. Begitu juga dengan tongkrongan Wheelbase mencapai 2.740 mm dan ground Clearance 180 mm sama seperti dengan ALL New Ertiga konvensional.

Meski demikian, tampilan spion dan antena dinilai berubah untuk menambah ciamik. Begitu juga dengan tampilan desain belakang, bisa dipastikan tidak tidak berubah, namun bisa dibedakan dengan hadirnya emblem slogan 'Hybrid' berwarna biru yang menjadi perbedaan yang mencolok.

Lari ke dalam kabin interior All New Ertiga Hybrid, detikOto merasakan tidak ada yang berubah atau tidak ada perbedaan besar dibandingkan Ertiga bensin. Akan tetapi suasana yang lebih mewah dengan dominasi warna gelap di setiap sisi, mulai dari jok hingga panel dashboard bergaya kayu pada model GX, sedangkan varian SS dilengkapi dengan desain carbon.

Namun perbedaan yang terlihat paling berubah terlihat pada desain MID sebagai faktor pendukung informasi, karena All New Ertiga Hybrid sudah dilengkapi dengan Cruse Control.

[Halaman Kedua soal 17 fitur andalan All New Ertiga Hybrid]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT