ADVERTISEMENT

Jajal Suzuki Ertiga Hybrid: Tampang Sama, Hybrid-nya Bikin Istimewa

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 10 Jun 2022 16:46 WIB
Jakarta -

Kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid sebagai LMPV hybrid pertama di Indonesia tentu membuat gerah rival sekelasnya seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Apalagi, karena harga jualnya yang cukup terjangkau dan masih mepet dengan sang rival.

Kali ini, detikOto berkesempatan untuk menjajal Suzuki Ertiga Hybrid secara singkat di area tertutup. Tentu kami penasaran bagaimana impresi berkendara Ertiga setelah disetrum dan apakah mobil ini benar-benar punya senjata tangguh untuk melawan dominasi Avanza-Xpander di Tanah Air?

Suzuki Ertiga Hybrid SSSuzuki Ertiga Hybrid hadir dalam tipe GX dan SS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Teknologi Beda, Tampang Masih Serupa

Suzuki menghadirkan sistem hybrid-nya di empat tipe Ertiga, yakni GX-MT, GX-AT, SS-MT, hingga SS-AT. Namun secara desain, tampilan Ertiga Hybrid ini masih terkesan serupa dengan Ertiga terdahulunya.

Di atas kertas, tak ada perbedaan secara dimensi antara Suzuki Ertiga Hybrid dengan Ertiga biasa. Tak hanya itu, spesifikasi kaki-kaki, transmisi, hingga besaran tenaga mesin pun masih sama.

Khususnya di Suzuki Ertiga Hybrid SS. Tentu kalau tidak sadar atau tanpa melihat emblem 'hybrid' di belakangnya, sulit untuk membedakan dengan yang lama. Ubahannya dari sisi luar hanyalah pada spion, model antena, dan kelir peleknya.

Namun untuk Suzuki Ertiga Hybrid tipe GX, ubahannya cukup terasa. Paling signifikan berbeda adalah dari desain grille depannya yang kini mirip dengan Ertiga di India. Selain itu bagian spion dan model antenanya juga ikut disegarkan.

Suzuki Ertiga Hybrid SSSuzuki Ertiga Hybrid SS masih kental dengan aura sporty Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Kalau masuk ke dalam kabinnya, Suzuki Ertiga Hybrid SS masih kental dengan aura sporty. Jok dikasih lapisan berwarna gelap dengan jahitan merah, serta ada ornamen beraksen karbon di dashboard depannya.

Suzuki Ertiga GX, pun hadir dengan nuansa gelap di interiornya. Namun ia tak menggunakan jahitan merah di joknya dan hadir dengan ornamen dengan aksen charcoal atau arang.

Menariknya, Suzuki Ertiga Hybrid ini hadir dengan model instrumen kluster baru yang lebih informatif. Tentu selain menunjukkan informasi soal mobil layaknya Ertiga terdahulu, di tipe hybrid ini juga ada informasi soal penyaluran listrik ke mesin dan informasi efisiensi berkendara.

Satu hal yang jelas jadi nilai tambah di Suzuki Ertiga Hybrid ini adalah fitur cruise control. Fitur ini tak hanya hadir di semua tipe hybrid, termasuk yang menggunakan transmisi manual.

Suzuki Ertiga Hybrid GXSecara umum, teknologi hybrid di Suzuki Ertiga Hybrid ini mirip dengan kepunyaan Ertiga Diesel yang sudah hadir lebih dulu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Mild Hybrid Bikin Istimewa

Secara umum, teknologi hybrid di Suzuki Ertiga Hybrid ini mirip dengan kepunyaan Ertiga Diesel yang sudah hadir lebih dulu. Namun kali ini, Suzuki Smart Hybrid yang ditanamkan di Ertiga lebih 'smart' dengan bantuan baterai lithium ion.

Suzuki tak repot mengubah sasis untuk memasangkan baterainya. Sebab baterai lithium ion berkapasitas 6 Ah 12 Volt ini ditanamkan di bawah jok penumpang depan. Dimensinya kompak, layaknya subwoofer.

Sebagai mild hybrid, tentu bantuan listrik ke mesin bensin di Ertiga Hybrid ini tidak terlalu besar. Sederhananya, daya dari baterai akan bergerak menuju ISG (Integrated Starter Generator) untuk dilanjutkan ke mesin bensinnya.

Di sisi lain, ISG tersebut juga berperan untuk mengisi kembali daya baterainya. Selain itu, baterai juga dapat terisi dari energi kinetik dari pengereman atau regenerative braking.

Dari ilustrasi singkat ini, tentu kita dapat memprediksi bahwa hybrid di Suzuki Ertiga Hybrid ini tidak akan membuat mesin lebih bertenaga. Klaimnya, bantuan listrik ini hanya bekerja di tarikan bawah ke tengah, agar membantu mesin lebih efisien ketika harus stop n go.

[Halaman berikutnya: Impresi Awal dan Harga Suzuki Ertiga Hybrid]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT