ADVERTISEMENT

Suzuki Ertiga Hybrid Bisa Jadi Solusi Buat Masih Takut Pakai Mobil Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 08 Jun 2022 15:13 WIB
Siluet Mobil Baru Suzuki, Ertiga Hybrid?
Siluet Suzuki Ertiga Hybrid yang akan dirilis di Indonesia. Foto: Instagram Suzuki Indonesia
Jakarta -

Suzuki Indonesia akan meluncurkan Ertiga Hybrid pada 10 Juni 2022 nanti. Kehadiran mobil ini diharapkan bisa mengubah mainset (pola pikir) konsumen di Indonesia yang masih takut memiliki mobil listrik full baterai karena perawatan dan infrastrukturnya belum memadai.

Seperti disampaikan Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, teknologi hybrid yang diterapkan di Low MPV seperti Suzuki Ertiga bisa menjadi jembatan bagi konsumen yang ingin beralih dari mesin pembakaran dalam (ICE) ke mesin listrik.

"(Kehadiran Ertiga Hybrid) itu bisa mengubah mainset orang 'saya pengin yang irit, tapi saya masih takut pakai yang listrik'. Jadi bisa untuk peralihan," kata Kukuh kepada wartawan di ICE, BSD, Tangerang (7/6/2022).

Sebagai informasi, Ertiga Hybrid akan dilengkapi dua komponen baru, yaitu Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-ion battery sebagai pendamping mesin pembakaran dalam. Berkat bantuan komponen itu, teknologi Suzuki Smart Hybrid bermanfaat dalam menghemat konsumsi bahan bakar, terutama di jalanan kota-kota besar yang identik dengan kemacetan.

Daya listrik pada Lithium-ion battery Suzuki Smart Hybrid diklaim dapat terisi otomatis melalui regenerative deceleration. Artinya, saat terjadi perlambatan kecepatan, daya disimpan ke dalam li-ion battery. Hal ini tentu akan memudahkan konsumen dalam mengisi ulang daya karena tidak perlu pergi ke stasiun pengisian kendaraan listrik.

Selain penggunaan dan perawatannya yang lebih mudah dibanding mobil listrik full baterai, mobil hybrid juga bakal memiliki keunggulan dari segi harganya. Jika nanti harga Suzuki Ertiga Hybrid tak berbeda jauh dari versi konvensionalnya, bukan tidak mungkin mobil ini akan diminati konsumen Indonesia.

"Produk (Suzuki Ertiga Hybrid) ini bisa menjadi populer. Dan yang akan jadi pelopor ya orang-orang di perkotaan," bilang Kukuh.

Simak juga Video: Ekspor Mobil 'Made in Indonesia' Meningkat, SUV Suzuki Kian Diminati

[Gambas:Video 20detik]



(lua/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT