Ertiga dan XL7 Hybrid Buatan Indonesia Mau Dikirim ke Filipina

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 10 Mei 2022 16:47 WIB
Teknologi SHVS Suzuki
Foto: Teknologi hybrid Suzuki. (Dina Rayanti/detikOto)
Jakarta -

Suzuki tampaknya akan mengekspor Ertiga dan XL7 hybrid buatan Indonesia ke berbagai negara. Salah satu negara yang tertarik dengan mobil hybrid Suzuki adalah Filipina.

Untuk diketahui, Filipina merupakan salah satu negara tujuan ekspor Suzuki Ertiga dan XL7 buatan Indonesia. Jika kedua mobil itu dibekali tenaga hybrid, tak menutup kemungkinan Suzuki akan mengekspornya ke Filipina juga.

Dikutip media lokal Filipina, Autoindustriya, General Manager for Automobile Suzuki Philippines (SPH) Norihide Takei mengkonfirmasi bahwa Suzuki akan memperkenalkan powertrain hybrid di negeri itu. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan dan menghadirkan model yang lebih ramah lingkungan.

Memang, Takei tidak menyebutkan mobil hybrid apa yang bakal diluncurkan di Filipina. Namun, Suzuki memang sudah punya teknologi hybrid bernama Suzuki Smart Hybrid.

Ini sebenarnya adalah pengaturan hybrid ringan yang memiliki generator starter terintegrasi (ISG) yang terhubung ke sistem baterai ganda. Selama pengereman dan deselerasi, ISG mengumpulkan energi kinetik dan mengubahnya menjadi energi listrik yang disimpan dalam baterai lithium-ion berkapasitas tinggi. Ini membantu dalam memberikan bantuan torsi saat akselerasi, serta kondisi idle start/stop saat kendaraan tidak bergerak.

Kini, sistem hybrid Suzuki sudah dipakai di Ertiga dan Suzuki XL6 di India. Sistem hybrid itu menggunakan mesin 1.500 cc K15C DualJet empat silinder segaris. Mesin dihubungkan dengan transmisi otomatis enam percepatan atau girboks manual lima percepatan.

Selain India, rumornya Suzuki juga akan memproduksi Ertiga dan XL7 hybrid di Indonesia. Suzuki juga sudah memperkenalkan platform hybrid-nya di Indonesia International Motor Show (IIMS) belum lama ini.

Menurut Autoindustriya, Ertiga dan XL7 hybrid dari Indonesia kemungkinan akan menjadi mobil hybrid pertama Suzuki di Filipina. Namun, peluncurannya akan dimulai dari Indonesia sebelum dikirim ke Fiipina.



Simak Video "Kencan Pertama dengan Daihatsu Taft Reborn: LCGC Versi Istimewa"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)