Suzuki India Buka Pemesanan Ertiga Hybrid, di Indonesia Sudah Bisa Juga?

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 17 Apr 2022 14:29 WIB
Teknologi SHVS Suzuki
Ilustrasi Suzuki siap memperkenalkan barian hybrid di Indonesia. Foto: (Dina Rayanti/detikOto)
Jakarta -

Maruti Suzuki India telah menerima pemesanan dari Ertiga teranyar yang kabarnya telah dibekali teknologi hybrid. Generasi terbaru Suzuki Ertiga itu santer dikabarkan akan menggendong mesin 1.5 L K-Series Dual VVT dengan Progressive Smart Hybrid Technology.

Di Indonesia, Suzuki Indomobil Sales (SIS) belakangan juga kerap memamerkan teknologi hybrid terbarunya. Sayangnya, Suzuki masih enggan buka-bukaan soal mobil apa yang bakal disematkan teknologi hybrid itu. Pun demikian soal pemesanan, semuanya masih dirahasiakan.

"Untuk produk yang akan kami luncurkan tunggu informasi selanjutnya dari kami ya," kata Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W Donny Saputra saat dikonfirmasi detikOto belum lama ini.

Meski begitu, Suzuki mengklaim teknologi hybrid terbarunya sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Mobil diharapkan bisa lebih menghemat BBM ketika melintas di jalanan Indonesia yang sebagian besar macet.

Teknologi SHVS SuzukiTeknologi SHVS Suzuki Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

Teknologi hybrid ini juga berbeda dengan yang dulu tersemat pada Suzuki Ertiga diesel hybrid. Perbedaannya terletak pada penggunaan baterai lithium. Dulu, Ertiga diesel hybrid hanya menggunakan aki besar 70 Ah. Sementara untuk teknologi teranyar ini akan menggendong baterai lithium 6 Ah dengan tegangan 12 Volt.

Product Development Head 4W SIS Yulius Purwanto juga menyebut, teknologi hybrid ini tak sepenuhnya baru. Sebelumnya sudah tersemat di beberapa mobil yang dijual di Jepang. Meski demikian, Suzuki tetap melakukan penyesuaian dengan kondisi jalanan di Indonesia.

Rencananya mobil dengan teknologi hybrid itu bakal segera meluncur di Indonesia. Adapun kehadiran mobil hybrid Suzuki ini tak serta merta menggantikan mobil yang masih menggunakan teknologi mesin konvensional.

"Kalau di Jepang kan nggak macet yah, kalau di kita kan macet nih jadi karakteristik dari sistemnya pun di adjust sesuai dengan jalanannya. Bedanya tuh itu jalanan di Indonesia macet, jadi kita lebih mendorong idling stop-nya, kapasitas baterainya terus sistem mana yang masuk duluan," beber Yulius.



Simak Video "Tak Cuma Ertiga, Suzuki Siap 'Setrum' Model Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/riar)