Ototest

Tes Daihatsu Rocky 1.0: SUV Kompak 1.000cc Plus Plus

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 24 Jun 2021 06:29 WIB
Jakarta -

Astra Daihatsu Motor meluncurkan salah satu mobil yang fenomenal di awal tahun ini. Mobil ini digadang-gadang akan menjadi mobil harian sejuta umat, layaknya Xenia-Avanza. Inilah Daihatsu Rocky.

DetikOto diberi kesempatan untuk menjajal dan merasakan langsung sensasi menggunakan Daihatsu Rocky ini sebagai kendaraan harian. Unit yang dipinjamkan kepada kami adalah Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA.

Sebagai mobil trim tertinggi, kami langsung penasaran sama kecanggihan fitur yang ditawarkan ke mobil yang dibanderol dengan harga Rp 274 Jutaan ini. Simak ulasan kami kali ini!

Mesin yang Bertenaga, Namun..


Tentunya, hal pertama yang kami rasakan ketika menginjak gas Daihatsu Rocky ini adalah impresi mesinnya.

Untuk sekelas mobil Rp 200 Jutaan, kami sempat pesimis dengan mesin tiga silinder 1000cc yang ditawarkan di balik kap mesinnya ini.

Hadirnya turbo ternyata menambah sensasi menyenangkan dari mengendarai sebuah Rocky. Tenaga yang spontan terasa langsung sejak tarikan gas awal. Turbo ini terasa tidak bohong dan sangat berpengaruh kepada performanya.

Secara akselerasi, mobil ini terbilang jempolan. Tenaga tarikan bawahnya terasa spesial, begitupun tenaga di tarikan tengahnya. Tenaga segini, terbilang cukup untuk melibas jalanan kosong dan lebih dari cukup untuk merayap di kemacetan.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Karakter mesin Daihatsu Rocky 1.0 Turbo yang bertenaga di tarikan bawah, membuatnya cocok untuk berakselerasi Foto: Rengga Sancaya

Namun dari impresi yang kami rasakan, khas mesin tiga silinder, getaran mesinnya masih terasa. Hal ini yang menurut kami mengurangi kesenangan berkendara.

Di atas kertas, mesin yang digunakan oleh Daihatsu Rocky 1.0 Turbo ini adalah mesin yang satu basik dengan Daihatsu Ayla, kode mesinnya 1KR.

Konsumsi Bahan Bakar yang Lumayan Irit


Sebagai mobil harian, tentu mobil yang irit akan lebih layak menjadi pilihan sebagian orang. Kami langsung menguji konsumsi bahan bakar rata-rata dari Daihatsu Rocky ini.

Dengan gaya berkendara yang cenderung agresif dan beberapa kali menggunakan mode PWR, kami mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar rata-rata di angka 14.6 km/L.

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dilakukan oleh detikOtoKonsumsi Bahan Bakar Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dilakukan oleh detikOto Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Hasil ini kami dapatkan setelah melewati rute khas pengguna mobil harian, yang melewati rute jalanan padat pengguna jalan, jalanan sepi hingga melalui jalan tol.

Dalam beberapa kesempatan di jalanan sepi pun, kami tidak jarang membejek gas dalam untuk mencoba tarikan mobilnya.

Selain itu untuk mendapat hasil yang lebih riil, kami juga sesekali mengisi penumpang dan barang ke mobil yang kami tes ini.

Hasil tes yang detikOto dapatkan ini, terpaut 2.4 hingga 3.4 km/L dari hasil pengetesan internal yang Daihatsu lakukan.

Handling Menyenangkan, Suspensi Agak Keras


Dari pengetesan kami, ternyata hadirnya sasis baru yang disebut dengan DNGA atau Daihatsu New Global Architecture sangat berperan dalam kenyamanan berkendara.

Sasis baru ini menurut kami membuat handling Daihatsu Rocky lebih 'menyenangkan'. Ketika kami membawa Rocky ini untuk bermanuver, seperti menikung kencang, tidak ada rasa limbung yang kami rasakan.

Mobil terasa rigid dan kokoh, walau dibawa menikung dalam kecepatan tinggi. Tidak seperti SUV yang punya dimensi tinggi, Rocky juga terasa minim body roll. Hal ini yang menurut kami perlu diacungi jempol.

Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dites oleh tim detikOtoDaihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dites oleh tim detikOto Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Selain itu, Daihatsu Rocky juga terasa menyenangkan ketika harus selap-selip atau putar balik. Radius putarnya terasa pas dan pengendalian mobil ini juga terasa baik. Menurut kami, kata yang pantas untuk menggambarkan handling Daihatsu Rocky ini adalah lincah.

Namun di balik handling mobil yang lebih rigid dan minim body roll, menurut kami Daihatsu sedikit mengorbankan suspensi. Karena dari yang kami rasakan, Daihatsu Rocky ini punya karakter suspensi medium ke keras.

Rasa yang kurang nyaman, kami rasakan ketika Rocky melaju kencang melewati speed trap atau garis kejut. Selain itu, ketika melewati jalan yang kurang rata, suspensi Rocky ini memberi kesan yang kurang empuk.

Fitur Keselamatan yang Jempolan


Teknologi ASA di Daihatsu Rocky ini meliputi enam fitur keselematan berkendara, yaitu Pre Collision Waring, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Depature Alert, Lane Depature Warning dan Lane Depature Prevention.

Namun, fitur tersebut bekerja melalui sebuah sensor kamera yang disebut Daihatsu dengan Stereo Camera.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Stereo Camera yang disematkan Daihatsu pada Daihatsu Rocky tipe ASA Foto: Rengga Sancaya

Kami sempat menggunakan mobil ini dalam keadaan cuaca hujan lebat dan jarak pandang pendek, ternyata stereo camera ini berfungsi kurang optimal. Namun menurut kami harus diacungi jempol, dalam keadaan hujan lebat sekali pun, sesekali untuk urusan membaca garis marka lalu lintas masih dapat dilakukan.

Kita bedah satu-satu fitur ASA-nya. Pertama, Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking. Dengan adanya fitur ini, stereo camera di depan tadi akan membaca kalau ada objek di depan yang berhenti mendadak ataupun mobil yang kita kendarai hendak menabrak objek di depan kita.

Sebelum tabrakan terjadi, fitur ini akan memberikan peringatan yang disebut Pre Collision Warning. Namun, jika peringatan tersebut tidak digubris, mobil ini akan mengambil langkah pencegahan dengan melakukan pengereman secara otomatis atau disebut dengan Pre Collision Braking. Menurut kami, fitur ini benar-benar berguna untuk menghindari mobil tabrakan. Cara kerjanya juga cenderung cepat dan akurat.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Ilustrasi peringatan yang diberikan oleh fitur Pre Collision Warning di Daihatsu Rocky Foto: Rengga Sancaya

Lalu, ada fitur Pedal Misoperation Control. Dengan adanya fitur ini, ketika mobil dalam keadaan parkir atau berhenti dan pedal gas diinjak terlalu dalam, sementara ada objek di depannya. Maka mobil tidak akan langsung melaju dan output dari pedal gas akan tereduksi.

Meskipun saat pengetesan selama tiga hari kami tidak merasakan langsung manfaat dari hadirnya fitur ini. Menurut kami, fitur ini tetap berguna jika mobil hendak keluar dari parkiran namun sulit untuk melihat objek di depan mobil. Misalnya ada tempat sampah dari beton seukuran tinggi kap mobil.

Selanjutnya, ada fitur Front Depature Alert. Fitur ini adalah fitur yang berguna untuk terhindar dari klaksonan kendaraan di belakang saat lampu merah ataupun kondisi macet.

Karena saat lampu merah atau macet dan kita berhenti tepat di belakang sebuah kendaraan, sensor akan memberikan peringatan jika kendaraan di depan sudah beranjak dan kita harus bergerak maju.

Dari pengetesan kami, fitur ini sangat berguna ketika kita berkendara dalam kondisi jalanan macet. Apalagi, pengendara kerap terdistraksi oleh aktifitas lain di dalam mobil ketika macet.

Terakhir, ada fitur Lane Depature Warning dan Lane Depature Prevention. Menurut kami, ini adalah fitur yang paling cocok dan sempurna ketika berkendara di jalan tol. Secara harfiah, fitur ini berarti peringatan dan pencegahan ketika mobil berpindah lajur. Fitur ini juga dapat memberikan intervensi kepada setir untuk membenarkan posisi mobil.

Fitur Lane Departure Warning akan memberikan tanda ketika mobil berpindah lajur dengan tidak sengajaFitur Lane Departure Warning akan memberikan tanda ketika mobil berpindah lajur dengan tidak sengaja Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Dalam kondisi tertentu, pengendara kerap tidak sadar mobilnya sudah melaju melewati garis marka jalan yang seharusnya. Kondisi ini sangat membahayakan bagi pengendara tentunya.

Dari pengalaman kami, fitur ini sangat berguna untuk menjaga kita tetap dalam satu lajur. Selain itu, fitur ini juga hadir untuk mendisiplinkan kita agar memberi tanda dengan lampu sein, ketika hendak berpindah lajur.

Selain fitur-fitur yang terdapat pada ASA ini, yang perlu diacungi jempol adalah hadirnya Daihatsu Rocky ini dengan hasil pengujian Japanese NCAP (New Car Assessment Programme) atau JNCAP sebesar 85.7 dari 100 poin. Mobil ini meraih bintang lima untuk urusan uji tabrak.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Area kemudi dari Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA Foto: Rengga Sancaya

Harga Daihatsu Rocky 1.0

Daihatsu Rocky juga menjadi salah satu mobil penerima diskon PPnBM yang mengalami kenaikan harga. Berikut daftar harga Daihatsu Rocky untuk wilayah DKI Jakarta per 1 Juni 2021:

1. Rocky 1.0 R TC MT: Rp 224.400.000

2. Rocky 1.0 R TC MT ADS: Rp 232.400.000

3. Rocky 1.0 R TC CVT: Rp 238.200.000 naik

4. Rocky 1.0 R TC CVT ADS: Rp 246.200.000

5. Rocky 1.0 R TC CVT ASA: Rp 247.200.000

Spesifikasi Daihatsu Rocky 1.0

Tipe : Compact SUV
Mesin : 1.000 cc turbocharger
Tenaga : 97,9 PS/6.000 rpm
Transmisi : Manual dan otomatis (CVT)
Bahan Bakar : Bensin
Jumlah Kursi : 5
Harga : Rp 214.200.000-Rp 236.100.000


MESIN & PERFORMA
Tipe Mesin : 1KR-VET
Kapasitas Mesin : 998 cc
Silinder : 3
Transmisi : Manual dan otomatis (CVT)
Girboks : 5 percepatan (manual) dan 7 percepatan (CVT)
Tenaga Maksimal : 97,9 PS/6.000 rpm
Torsi Maksimal : 149 Nm/2.400 rpm-4.000 rpm
Top Speed : -
0-100 Km/jam : -
Bahan Bakar : Bensin
Kapasitas Tanki : 36 liter


DIMENSI
Panjang : 4.030 mm
Lebar : 1.710 mm
Tinggi : 1.635 mm
Berat : 1.680 kg
Ground Clearence : 200 mm
Wheel Base : 2.525 mm


SETIR, SUSPENSI & BAN
Suspensi Depan : Mac Pherson Struts
Suspensi Belakang : Torsion Beam
Ban : 205/60 R17
Velg : Alloy 17 inci
Rem Depan : Ventilated disc
Rem Belakang : Drum
ABS : Ada


EKSTERIOR
Lampu Depan : LED headlamp
Lampu Belakang : LED rear lamp
Lampu Kabut : Halogen
Spion : Auto retractable
Side Skirt : Ada
Spoiler : Ada
Roof Rail : -
Bagasi Otomatis : -


INTERIOR
Jumlah kursi : 5
Sunroof : -
Moonroof : -
Panorama Roof : -


KEAMANAN & KESELAMATAN
ABS : Ada
Brake Assist : -
Airbag Sopir : Ada
Airbag Penumpang : Ada
Airbag Samping : -
Kontrol Traksi : -
Kamera Parkir : Ada
Kamera 360 : -


HIBURAN & KOMUNIKASI
Android Auto : Ada
Apple CarPlay : Ada
Konektivitas Bluetooth : Ada
Konektivitas Wifi : -
Layar Sentuh : Ada
Ukuran Layar Sentuh : 9 inci

(mhg/din)