Uji Handling Daihatsu Rocky untuk Harian, Nggak Limbung Walau Bermanuver

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 22 Jun 2021 08:28 WIB
Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).
Penampakan Daihatsu Rocky yang dites oleh tim detikOto Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Daihatsu Rocky sejatinya merupakan mobil low SUV yang didesain nyaman dipakai di jalanan perkotaan, maupun menghadapi jalanan yang jelek sekalipun.

Kami berkesempatan mencoba Daihatsu Rocky trim tertinggi, yaitu Rocky 1.0 R TC CVT ASA, selama tiga hari dan melakukan pengetesan berkendara harian.

Dari pengetesan kami, ternyata hadirnya sasis baru yang disebut dengan DNGA atau Daihatsu New Global Architecture sangat berperan dalam kenyamanan berkendara.

Sasis baru ini menurut kami membuat handling Daihatsu Rocky lebih 'menyenangkan'. Ketika kami membawa Rocky ini untuk bermanuver, seperti menikung kencang, tidak ada rasa limbung yang kami rasakan.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021). Foto: Rengga Sancaya

Mobil terasa rigid dan kokoh, walau dibawa menikung dalam kecepatan tinggi. Tidak seperti SUV yang punya dimensi tinggi, Rocky juga terasa minim body roll. Hal ini yang menurut kami perlu diacungi jempol.

Selain itu, Rocky juga terasa menyenangkan ketika harus selap-selip atau putar balik. Radius putarnya terasa pas dan pengendalian mobil ini juga terasa baik. Menurut kami, kata yang pantas untuk menggambarkan handling Daihatsu Rocky ini adalah lincah.

Namun di balik handling mobil yang lebih rigid dan minim body roll, menurut kami Daihatsu sedikit mengorbankan suspensi. Karena dari yang kami rasakan, Daihatsu Rocky ini punya karakter suspensi medium ke keras.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021). Foto: Rengga Sancaya

Rasa yang kurang nyaman, kami rasakan ketika Rocky melaju kencang melewati speed trap atau garis kejut. Selain itu, ketika melewati jalan yang kurang rata, suspensi Rocky ini memberi kesan yang kurang empuk.

Perlu diketahui, Daihatsu Rocky menggunakan kombinasi suspensi model Mac Pherson Struts dan Torsion Beam. Selain itu, yang juga menunjang kenyamanan handling Rocky adalah jarak sumbu roda yang tidak terlalu panjang. Tercatat, jarak sumbu roda Daihatsu Rocky ini hanya 2.525 mm.



Simak Video "Mulai dari Rp 185 Juta, Ini Daftar Harga Daihatsu Rocky 1.2"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)