Menguji Fitur Anti Tabrak Daihatsu Rocky ASA, Canggih dan Worth It!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 21 Jun 2021 20:55 WIB
Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).
Ilustrasi Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dites oleh detikOto Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Daihatsu Rocky tipe tertinggi, hadir dengan embel-embel ASA atau Advanced Safety Assist. Hadirnya fitur ASA pada mobil Rp 200 jutaan atau low SUV ini jelas menjadi pembeda dan nilai lebih untuk Daihatsu Rocky jika dibandingkan pesaing yang ada saat ini.

Detikoto pun coba membuktikan seberapa tangguh dan nyaman Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA selama tiga hari, untuk membuktikan sendiri serta menilai fitur canggih yang disematkan Daihatsu pada Rocky 1.0 R CVT.

Berdasarkan data yang ada teknologi ASA yang diselipkan pada Daihatsu Rocky ini meliputi enam fitur keselamatan berkendara, yaitu Pre Collision Waring, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Depature Alert, Lane Depature Warning dan Lane Depature Prevention.

Fitur-fitur ini bekerja dengan menggunakan sensor stereo camera yang terletak di kaca depan bagain atas mobil. "Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi objek di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya," tulis Daihatsu di laman resmi mereka.

Setelah menggunakan Rocky tipe tertinggi yang memiliki fitur ASA ini selama tiga hari, kami dapat menilai seberapa penting, seberapa bermanfaat hingga bagaimana impresi kami terhadap fitur ini.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Stereo Camera yang dipasangkan Daihatsu ke Daihatsu Rocky Foto: Rengga Sancaya

Stereo Camera di Bagian Depan

Hadirnya kamera pada bagian depan, berperan untuk menjadi jantung serta otak dari fitur keselamatan pada ASA. Untuk itu Daihatsu menyarankan agar bagian kaca depan yang terdapat stereo camera harus senantiasa selalu dalam keadaan bersih.

"Jadi tergantung lebarnya tutupan (kotoran). Tapi selama debu atau kotoran di kaca depan tidak mengganggu pandangan driver, berarti tidak menutupi sensor. Jika demikian, dia (sensor) masih bisa bekerja, hanya mungkin akurasinya (yang terganggu)," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi kepada detikOto.

Kami sempat menggunakan mobil ini dalam keadaan cuaca hujan lebat dan jarak pandang pendek, ternyata stereo camera ini berfungsi kurang optimal. Namun menurut kami harus diacungi jempol, dalam keadaan hujan lebat sekali pun, sesekali untuk urusan membaca garis marka lalu lintas masih dapat dilakukan.

Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking

Dari namanya, kita bisa mengartikan secara harafiah kalau fitur ini adalah fitur yang mencegah kita ketika hendak menabrak sesuatu.

Dengan adanya fitur ini, stereo camera yang dipasang di depan Daihatsu Rocky akan membaca jika ada objek di depan yang berhenti mendadak ataupun mobil yang kita kendarai hendak menabrak objek lain yang berada di depan kita.

Sebelum tabrakan terjadi, fitur ini akan memberikan peringatan yang disebut Pre Collision Warning. Namun, jika peringatan tersebut tidak digubris, mobil ini akan mengambil langkah pencegahan dengan melakukan pengereman secara otomatis atau disebut dengan Pre Collision Braking.

Menurut kami, fitur ini benar-benar berguna untuk menghindari mobil tabrakan. Cara kerjanya juga cenderung cepat dan akurat

Fitur ini dapat atur tingkat sensitifitasnya dan waktu penggunaanya, bisa early atau sejak dini, late atau lebih lambat dan standar. Bahkan bisa dinonaktifkan.

Namun ketika dalam pengaturan early, pengalaman kami ternyata mobil ini beberapa kali butuh jarak yang dekat dengan kendaraan di depan, untuk memberikan peringatan. Sehingga, tentu konsentrasi pengendara tetap harus dijaga dan tidak bisa mengandalkan fitur ini sepenuhnya.

Pedal Misoperation Control

Dengan adanya fitur ini, ketika mobil dalam keadaan parkir atau berhenti dan pedal gas diinjak terlalu dalam, sementara ada objek di depannya. Maka mobil tidak akan langsung melaju dan output dari pedal gas akan tereduksi alias akan berkurang.

Meskipun saat pengetesan selama tiga hari kami tidak merasakan langsung manfaat dari hadirnya fitur ini. Menurut kami, fitur ini tetap berguna jika mobil hendak keluar dari parkiran namun sulit untuk melihat objek di depan mobil. Misalnya ada tempat sampah dari beton seukuran tinggi kap mobil.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Ilustrasi peringatan yang dimuncul karena adanya fitur Front Departure Alert di Daihatsu Rocky Foto: Rengga Sancaya

Front Depature Alert

Fitur ini adalah fitur yang berguna untuk terhindar dari suara nyaring klakson kendaraan di belakang saat lampu merah ataupun kondisi macet.

Karena saat lampu merah atau macet dan kita berhenti tepat di belakang sebuah kendaraan, sensor akan memberikan peringatan jika kendaraan di depan sudah beranjak dan kita harus bergerak maju.

Dari pengetesan kami, fitur ini sangat berguna ketika kita berkendara dalam kondisi jalanan macet. Apalagi, pengendara kerap terdistraksi oleh aktifitas lain di dalam mobil ketika macet.

Lane Depature Warning dan Lane Depature Prevention

DetikOto menilai fitur Lane Departure Warning dan Lane Depature Prevention adalah fitur yang paling cocok dan sempurna ketika berkendara di jalan tol. Secara arti, fitur ini berarti peringatan dan pencegahan ketika mobil berpindah lajur. Fitur ini juga dapat memberikan intervensi kepada setir untuk membenarkan posisi mobil.

Dalam kondisi tertentu, pengendara kerap tidak sadar mobilnya sudah melaju melewati garis marka jalan yang seharusnya. Kondisi ini sangat membahayakan bagi pengendara tentunya.

Fitur Lane Departure Warning akan memberikan tanda ketika mobil berpindah lajur dengan tidak sengajaFitur Lane Departure Warning akan memberikan tanda ketika mobil berpindah lajur dengan tidak sengaja Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Dari pengalaman kami, fitur ini sangat berguna untuk menjaga kita tetap dalam satu lajur. Selain itu, fitur ini juga hadir untuk mendisiplinkan kita agar memberi tanda dengan lampu sein, ketika hendak berpindah lajur.

Selain fitur-fitur yang terdapat pada ASA ini, yang perlu diacungi jempol adalah hadirnya Daihatsu Rocky ini dengan hasil pengujian Japanese NCAP (New Car Assessment Programme) atau JNCAP sebesar 85.7 dari 100 poin. Mobil ini meraih bintang lima untuk urusan uji tabrak.



Simak Video "Mulai dari Rp 185 Juta, Ini Daftar Harga Daihatsu Rocky 1.2"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)