Ototest

Road Trip Mobil Listrik Hyundai Ioniq Jakarta-Bali, Siapa Takut!

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 23 Apr 2021 17:09 WIB
Mobil Hyundai Ionic saat Road Trip in Bali
Hyundai Ioniq Foto: detikFOTO/Grandyos Zafna Mesah
Jakarta -

Akhirnya tim detik.com bisa benar-benar memuaskan dahaga untuk bisa membuktikan seberapa tangguh mobil listrik bisa dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Untuk membuktikannya kali ini tim detik.com bersama Hyundai Ioniq langsung gas Jakarta-Bali.

Dalam program Road Trip Java-Bali with Ioniq Electric Hyundai kali tim detik.com juga tidak hanya sekadar menguji kemampuan, kenyamanan, dan keiritan mobil Hyundai Ioniq Elctric. Berkolaborasi dengan detikTravel dan detikFood, kami tidak melewatkan perjalanan ini begitu saja. Maka kami pun menyambangi banyak lokasi wisata eksotis dan mencicipi beragam hidangan terbaik dari masing-masing kota yang kami sambangi.

Bagaimana serunya melakukan perjalanan Jakarta-Bali, simak ulasannya berikut ini. Bacanya pelan-pelan dan jangan lupa siapkan cemilan untuk menemani ya.

tim detik.com kawal Hyundai Ioniq Jakarta-Denpasartim detik.com kawal Hyundai Ioniq Jakarta-Denpasar Foto: dok. Tim detik.com

1. Keluar dari Sibuknya Kota Jakarta Tanpa Suara Deru Mesin

Hyundai Ioniq Tembus Jakarta-BaliHyundai Ioniq Tembus Jakarta-Bali Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah/Detik.com

Memulai perjalanan dengan menggunakan mobil listrik bukan tanpa risiko. Infrastruktur pengisian baterai mobil listrik yang masih minim di kota-kota yang akan dilintasi tim detikOto menjadi tantangan terbesar dalam perjalanan kali ini.

Belum lagi budaya mengemudi kendaraan bensin yang masih sulit dihilangkan yakni tidak menghiraukan jarak perjalanan. Karena di saat bahan bakar minyak (BBM) habis, maka dengan mudah kita sebagai pengendara akan mendapatkan BBM jadi tidak takut mogok di jalan.

Akhirnya tim detik.com memulai perjalanan menggunakan mobil murni listrik Hyundai Ioniq. Berbeda dengan perjalanan-perjalanan sebelumnya, pagi itu terasa sangat berbeda karena tim detik.com meninggalkan ibukota Jakarta tanpa suara hanya menyisahkan bisik ban yang tergesek bertemu aspal.

2. Perjalanan Dimulai dari Jakarta Hingga Bali

Hyundai Ioniq Tembus Jakarta-BaliHyundai Ioniq Tembus Jakarta-Bali Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah/Detik.com

Akhirnya perjalanan detik.com dimulai dan diawali dari ibukota Jakarta. Beranjak pagi hari tidak menyurutkan semangat team untuk merasakan ketangguhan mobil listrik yang akan dilalui dari Jakarta-Bali.

Perjalanan diawali dari kota Cirebon-Semarang-Solo-Surabaya-Situbondo-Banyuwangi-Bali. Selain itu dipastikan selain merasakan ketangguhan mobil listrik, perjalanan tim detik.com menyajikan sesuatu yang berbeda dan memiliki cerita tersendiri dan unik.

Tak terasa perjalanan tim detik.com masuk kota Cirebon tanpa kendala, meski tim detik.com berkendara layaknya menggunakan kendaraan konvensional alias mesin bensin. Memasuki kota Udang, tim detik.com langsung merasakan masakan ciri khas rumah makan Moel Seafood dan tahu gejrot. Pengisian baterai mobil listrik Hyundai Ioniq kami lakukan di rest area tol Palikanci dengan SPKLU DC sehingga pengisian lebih cepat.

Perjalanan pun dilanjutkan menuju kota Semarang, sangat disesalkan memasuki kota semarang pukul 21.30 WIB, setelah melakukan pengisian di kantor PLN Semarang selama 2 setengah jam, kami melanjuttkan perjalanan ke Solo dan tiba disana pukul 02.00 WIB.

Perjalanan kembali kami lanjutkan menuju Surabaya pukul 8.30 WIB. Setelah melakukan perjalanan selama 2 jam, kami harus melakukan pengisian baterai listrik di Surabaya. Setelah melakukan pengisian selama 2-3 jam kami harus melakukan pengisian baterai di Situbondo dan setelah melakukan pengisian baterai kami melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dan tiba pukul 7 pagi.

Tepat pukul 12.00 WIB akhirnya kami melanjutkan perjalanan untuk menyambangi Bali. Akhirnya kami tiba di Bali dan langsung menyambangi SPKLU milik PLN di Denpasar. Dan kami pun takjub, ternyata mobil listrik Hyundai Ioniq mampu membawa kami semua Jakarta-Bali.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3