Road Trip Java-Bali with IONIQ Electric Hyundai

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 16 Apr 2021 12:30 WIB
Ototest Hyundai Ioniq
Hyundai Ioniq Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memuji ketangguhan mobil listrik dan kesiapan fasilitas stasiun pengisian baterai mobil listrik di Jawa-Bali beberapa waktu lalu. Mengendarai Hyundai Ioniq, detikOto membuktikan sendiri pernyataan Erick Thohir tersebut saat kami melakukan 'Road Trip Java-Bali with IONIQ Electric Hyundai'.

Ketika itu mantan bos klub Inter Milan tersebut coba menghitung-hitung seberapa efisien mobil listrik saat dikendarai dari Jakarta-Bali. Erick mengatakan untuk bisa melintas Jakarta-Bali itu hanya mencapai Rp 200 ribu sedangkan menggunakan kendaraan konvensional berbahan bakar bensin bisa mencapai Rp 1,1 Juta.

Wow, perbedaan yang cukup signifikan bukan?

Penasaran tim detik.com pun memutuskan untuk melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan mobil listrik Jakarta-Bali. Dalam menempuh perjalanan Jawa-Bali, tim detikcom akan mengendarai mobil listrik murni Ioniq Electric dari Hyundai, siapa takut!

Perjalanan tim detik.com menggunakan mobil listrik murni Hyundai Ioniq melalui beberapa titik persinggahan untuk bisa mengisi daya baterai mobil listrik. Rute yang kami lewati berturut-turut adalah Jakarta-Cirebon-Semarang-Solo-Sragen-Surabaya-Situbondo-Banyuwangi-Bali. Untuk membuktikan ketangguhan mobil listrik murni Hyundai Ioniq tim detik.com menghabiskan waktu total 9 hari. Kota-kota tersebut dipilih karena memiliki statisun pengisian baterai dan punya banyak lokasi menarik untuk didatangi.

Tidak hanya menguji ketangguhan mobil listrik murni Hyundai Ioniq, perjalanan kali ini tim detik.com akan mampir dan explore tempat wisata juga kuliner di kota-kota yang dilewati, sekaligus bisa membuktikan kelincahan dan seberapa asyik Hyundai Ioniq untuk dikendarai di kota-kota berbeda.

Ototest Hyundai IoniqOtotest Hyundai Ioniq Foto: Rangga Rahadiansyah

Untuk kamu yang belum tahu, mobil listrik berjenis sedan ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 134 tenaga kuda dengan putaran torsi 295 Nm. Sementara kapasitas baterai mencapai 38,3 kWh dengan pengisian daya baterai hingga penuh 54 menit saja dengan metode pengisian cepat (dari nol sampai 80 persen @100 kWh).

Nah, penasaran bagaimana keseruan tim detik.com melibas Jawa-Bali menggunakan mobil listrik murnis Hyundai Ioniq? Saksikan keseruan Electrified Road Trip Java-Bali hanya di detikcom. Hasil liputan kolaborasi detikOto, detikFood, dan detikTravel ini akan tayang di detikcom mulai 23- 29 April 2021.



Simak Video "Super Hemat! Perjalanan Jakarta - Bali Bareng IONIQ Electric"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)