Menguji Performa Mobil Listrik Hyundai Ioniq dan Kona di Sirkuit Sentul

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 22 Mar 2021 07:56 WIB
Hyundai Track Day 2021
Merasakan kemampuan mobil listrik Hyundai Ioniq dan Kona di Sirkuit Sentul (Hyundai Motors Indonesia)
Jakarta -

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengadakan test drive dalam acara bertajuk 'Hyundai Track Day' yang digelar untuk media pada Jumat (19/03/2021) di Sirkuit Sentul, Bogor.

Acara ini diadakan untuk menjajal kemampuan dua mobil listrik andalan Hyundai, yakni Hyundai Kona dan Hyundai Ioniq. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, acara dibagi menjadi dua batch pada pagi dan siang hari. Tim detikOto berkesempatan ikut bergabung pada batch dua.

Sebelum memulai acara, seluruh partisipan dari rekan-rekan media diberikan arahan berkendara yang aman oleh dua instruktur profesional. Kedua instruktur tersebut akan memimpin jalan di lintasan. Tak lupa seluruh pengendara diberikan helm dan sarung tangan sebagai bentuk safety riding.

Setelah siap, seluruh peserta mulai memasuki mobil masing-masing yang sudah ditentukan. Semua partisipan kedapatan mengendarai mobil Kona dan Ioniq. detikOto mendapat mobil Kona terlebih dahulu.

Hyundai Track Day 2021Hyundai Track Day 2021 Foto: Hyundai Motors Indonesia

Dalam menjajal mobil listrik Hyundai, semua peserta melintasi sirkuit sebanyak dua kali. Pada lap pertama dilakukan pemanasan untuk mengenali kondisi sirkuit, masuk lap kedua mobil dipacu lebih kencang untuk melihat seberapa jauh kemampuannya.

Selain itu terdapat juga beberapa teknik yang diajarkan seperti berbelok slalom, ini dilakukan untuk mencari tahu seberapa jauh akselerasi dari kedua mobil listrik ini.

Saat menjajal Hyundai Kona elektrik, sensasi yang pertama kali dirasakan adalah suara mobil yang halus dan tidak berisik. Hal ini berkat penggunaan baterai yang tidak mengeluarkan suara seperti mobil konvesional pada umumnya.

Membahas soal baterai, Kona elektrik ini dibekali oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, jarak tempuh mobil ini mampu mencapai 350 km dalam sekali pengisian daya. Untuk mengisi dayanya sampai penuh mampu dicapai dalam 54 menit dengan metode pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

Saat melintas di sirkuit, Hyundai Kona menunjukkan performa yang sangat baik. Dengan menghasilkan tenaga mencapai 104 kW (139 horse power) dengan torsi puncak 395 Nm, mobil ini dapat dipacu dengan kencang saat di trek lurus.

Hyundai Track Day 2021Hyundai Track Day 2021 Foto: Hyundai Motors Indonesia

Ketika mencoba melintas di tikungan tajam sirkuit Sentul, Kona EV ini sangat nyaman dan tak terjadi adanya slip, padahal kondisi jalan sedikit basah setelah diguyur hujan. Hal ini karena adanya peningkatan pada kinerja suspensi dan stabilitas kendaraan, sehingga mobil bisa lebih seimbang meski menikung dengan kecepatan tinggi.

Begitu juga saat melakukan teknik berbelok slalom, mobil SUV ini bisa melibat habis dengan nyaman tanpa ragu sedikitpun akan terjadi selip.

Selesai mencoba SUV Kona elektrik, kini tim detikOto berganti mobil dengan menggunakan Hyundai Ioniq. Sensasi pertama yang dirasakan saat memasuki sedan elektrik ini adalah lebih luas dan lapang. Tampilan interior juga sedikit berbeda dengan Kona, meskipun keduanya sudah mengusung teknologi canggih.

Ketika memacu mobil Ioniq, sensasi tenaga dan performa yang dihasilkan tak berbeda jauh dengan Kona elektrik. Sedan listrik ini menghasilkan tenaga mencapai 134 horse power dengan putaran torsi mencapai 295 Nm.

Pada Hyundai Ioniq kapasitas baterainya mencapai 38,3 kWh, dengan pengisian daya baterai sampai penuh dapat dicapai dalam waktu 54 menit saja dengan metode pengisian cepat (dari nol sampai 80 persen @ 100 kWh).

Hyundai Track Day 2021Hyundai Track Day 2021 Foto: Hyundai Motors Indonesia

Begitu juga saat mencoba pada tikungan tajam dan berbelok slalom, Ioniq juga memberikan sensasi yang luar biasa tanpa khawatir terselip.

Setelah melibas dua lap dengan Hyundai Ioniq, para partisipan kembali ke pit untuk mengakhiri test drive bersama Hyundai. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama di sirkuit bersama kedua mobil listriknya. Keseruan acara Hyundai Track Day tak lepas dari performa dan kelincahan yang dihasilkan oleh Ioniq dan Kona, merasakan sensasi berkendara luar biasa dengan mobil listriknya.



Simak Video "Nge-tes Iritnya Kona Electric Facelift"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)