Hyundai Staria Meluncur, MPV yang Mirip Pesawat Luar Angkasa

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 14 Apr 2021 11:14 WIB
Hyundai Staria
Hyundai Staria Foto: Hyundai
Jakarta -

Hyundai Staria meluncur global secara vitual, Selasa (13/4). Mobil multi purpose vehicles (MPV) ini tak hanya punya desain futuristik bernuansa pesawat luar angkasa tapi juga fitur keselamatan yang canggih.

"Kami sangat senang untuk memperkenalkan Staria, yang mewakili upaya terbaru kami untuk mempelopori evolusi mobilitas, dan memenuhi kebutuhan gaya hidup yang terus berkembang saat kita beradaptasi dengan cara hidup yang baru," ujar Thomas Schemera, Executive Vice President dan Global Chief Marketing Officer dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Selasa (13/4/2021).

Disebut Purpose Built Vehicle (PBV) oleh Hyundai dan memiliki desain eksterior futuristik yang mencakup bagian depan yang anti-mainstream dengan lampu LED daytime running dan light bar yang memanjang horizontal.

Hyundai StariaHyundai Staria Foto: Hyundai

Hyundai menyebut tampilan Staria seperti pesawat ruang angkasa, desain eksteriornya terinspirasi dari kurva cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa.

Desainer Hyundai juga melengkapi Staria dengan gril yang rendah dan lebar. Sementara lampu utama terletak di kedua sisi gril tersebut.

Sentuhan desain yang unik berlanjut pada sisi di mana jendela melebar lebih rendah dari mobil biasanya. Pendekatan desain yang luas dan terbuka ini terinspirasi oleh pendekatan arsitektur tradisional 'hanok' dari Korea - yang memungkinkan para penumpang untuk seolah-olah merasakan langsung pemandangan bagian luar sebagai bagian dari sisi interior kendaraan.

Hyundai StariaHyundai Staria Foto: Hyundai

Sementara itu, bagian belakang mencakup lampu belakang vertikal besar dengan desain lampu Parametric Pixel yang mirip dengan Ioniq 5 elektrik.

Hyundai StariaHyundai Staria Foto: Hyundai



STARIA hadir dengan pilihan 2 hingga 11 konfigurasi kursi dan tersedia dalam dua varian: STARIA dan STARIA Premium, khusus varian tertinggi ini mengalami peningkatan fitur dan sentuhan akhir eksklusif untuk tampilan dan nuansa yang lebih mewah.

Secara dimensi mobil ini memiliki wheelbase 3.273 mm dengan panjang keseluruhan 5.253 mm dan lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm. Cukup luas untuk sebuah mobil MPV.

Apa saja yang ditawarkan pada interiornya?

Kursi pengemudi memiliki tampilan futuristik dan dukungan layar depan 10,25 inci yang canggih, layar sentuh fascia bagian tengah, dan sebuah tuas pemindah gigi elektronik berbasis tombol.

Ruang penyimpanan tersedia di beberapa titik seperti bagian atas dari konsol overhead, bagian bawah cluster, serta bagian atas dan bawah fascia tengah. Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Kursi perorangan pada tipe Premium 9-seater, di baris kedua dapat berputar 180 derajat untuk berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga.

Hyundai StariaHyundai Staria Foto: Hyundai

Staria dengan tipe 2-seater dan 3-seater untuk penggunaan dan keperluan bisnis, menawarkan ruang kargo yang maksimum dan hampir setara dengan 5.000 liter.

Soal pilihan mesin, Staria menawarkan beberapa opsi powertrain dari mesin diesel VGT 2.2 liter dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII.

Mesin diesel yang diperbarui dan digabungkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS dan torsi 44 kgf-m. Sedangkan mesin bensin G6DIII 3,5-L MPI dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan-percepatan, yang bisa menghasilkan estimasi output tenaga sebesar 272 PS dan torsi 33,8 kgf-m.

Staria menawarkan pilihan untuk menambahkan 6 airbags, dan semua kursi telah dilengkapi dengan sabuk pengaman three-point dan sandaran kepala. Keamanan semakin didukung oleh fitur terdepan seperti Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Wireless Module Seat Belt Reminder (WM SBR).

Fitur lain, dalam situasi di mana penumpang mencoba membuka power sliding door ketika terdapat kendaraan yang melaju dari sisi belakang, Safe Exit Assist (SEA) mencegah pintu terbuka. Rear Occupant Alert (ROA), tersedia pada pasar tertentu, menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang pada bagian belakang tertinggal di dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan.

Staria juga hadir dengan sistem smart infotainment dari Hyundai dan dilengkapi dengan kamera wide-angle yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar.

Hyundai berencana untuk meluncurkan lini produk Special Vehicle5 dari STARIA, seperti limosin, ambulan, dan mobil untuk berkemah. Selain itu, varian Staria yang ramah lingkungan dijadwalkan untuk dihadirkan di tahun-tahun mendatang.

Penjualan Hyundai Staria baru akan dimulai pada paruh kedua 2021 di Asia dan Australia. Model 11 kursi hanya akan tersedia di Korea.



Simak Video "Jajal Staria Jakarta - Bandung, Cocok Dimiliki atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)