Ototest

Test Drive Hyundai Palisade: Setangguh SUV, Senyaman MPV

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 29 Jan 2021 06:43 WIB
Hyundai Palisade
Test drive Hyundai Palisade. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Setelah meluncurkannya secara resmi pada akhir 2020 lalu, di awal 2021 PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menggelar sesi media test drive SUV baru mereka, Hyundai Palisade. Test drive ini diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan, jadwal test dibagi dalam tiga gelombang, dan detikOto mendapat batch pertama bersama 7 peserta lainnya.

Dalam pengetesan ini, HMID menyediakan 4 unit Palisade, yang diisi 2 orang peserta di tiap mobilnya. Sementara untuk rutenya, dari Jakarta ke Bogor, dengan estimasi jarak 120 km. Meski rutenya cukup pendek, medan yang dilalui beragam, dari jalan tol, jalan perkampungan, hingga jalan menanjak dan berkelok di perbukitan. Bagaimana kesan kami setelah mencoba SUV gagah besutan Korea Selatan ini? Simak ulasannya berikut.

Hyundai PalisadeHyundai Palisade Foto: Luthfi Anshori

Desain

Semua orang pasti sepakat jika kami mengatakan bahwa Hyundai Palisade adalah mobil SUV yang gagah, kekar, dan outstanding. Betapa tidak, mobil ini cukup bongsor, dengan panjang 4.980 mm, lebar 1.975 mm, dan tinggi 1.750 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 2.900 mm, dengan ground clearance 203 mm.

Bagian depan mobil ini tampak gagah dengan grill khas Hyundai, yang dilingkari aksen krom cukup besar. Mobil ini memiliki lampu utama yang sipir dan lampu kabut yang besar. Menariknya, Hyundai menyematkan lampu DRL (Day Running Light) yang memanjang dari atas ke bawah. Senada dengan area fascia, bagian belakang Palisade juga gagah dengan lampu rem tegak ke atas dan emblem Palisade yang memanjang.

Hyundai PalisadeHyundai Palisade Foto: Luthfi Anshori

Interior

Masuk ke dalam kabin, kemewahan Hyundai Palisade langsung terasa. Kebetulan unit yang kami naiki memiliki finishing interior black + burgundy. Tidak hanya mewah karena dapat balutan jok kulit nappa yang menggunakan warna merah marun, nuansa kabin juga sporty karena seluruh atapnya menggunakan bahan beludru berwarna hitam.

Mobil ini memiliki konfigurasi 7 penumpang, dengan kursi baris kedua menggunakan model captain seat. Ada fitur pengaturan elektronik di kursi driver, sistem pendingin AC tiga zona, termasuk juga sistem pendingin kursi (ventilated rear seat) dan pemanas kursi.

Dengan mengusung paduan warna serba gelap, kabin mobil ini harusnya akan terasa sempit. Namun nyatanya tidak, sebab di kursi depan ada panel sunroof yang bisa digeser kacanya, sementara di kursi baris dua terdapat panoramic roof besar yang bisa menghadirkan kesan lega. Mobil ini juga menawarkan legroom (ruang kaki) dan headroom (ruang kepala) yang cukup lebar bagi kami yang punya profil tinggi 165 cm. Asyiknya lagi, kemiringan kursi bisa diatur serebah mungkin. Soal kenyamanan, harus diakui jika mobil memiliki keleluasaan seperti mobil MPV.

Hyundai PalisadeHyundai Palisade Foto: Luthfi Anshori
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Rasakan SUV Rasa MPV Racikan Hyundai"
[Gambas:Video 20detik]