Hyundai Palisade Pakai Sasis Monokok, Ini Keunggulannya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 27 Jan 2021 18:50 WIB
Hyundai Palaside
Hyundai Palaside Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Tidak seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero yang mengadopsi sasis ladder frame, Hyundai Palisade menggunakan sasis tipe monokok. Memang apa keunggulan sasis monokok?

Sebelumnya perlu diketahui, apa beda sasis ladder frame dan sasis monokok.

Seperti dijelaskan Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Bonar Pakpahan, sasis ladder frame menggunakan frame dan bodi yang terpisah.

"Kalau bicara keunggulan, sasis ladder frame itu punya kemampuan menahan beban yang besar. Maka itu sasis ini banyak dipakai di truk-truk dan pikap," kata Bonar, di sela-sela media test drive Hyundai Palisade, Jakarta-Bogor, Rabu (27/1/2021).

Keunggulan kedua, sasis ladder frame diklaim memiliki redaman yang lebih baik. Karena frame sama bodi terpisah. Jadi vibrasi akibat pergerakan suspensi itu tidak terlalu tersalurkan ke kabin. Secara umum, sasis ladder frame getarannya akan lebih halus.

Hyundai PalisadeHyundai Palisade Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto

Sementara untuk sasis monokok, menurut Bonar memiliki keunggulan dari desain yang ringkas dan bobot lebih ringan, karena frame dan bodi menjadi satu kesatuan.

"Kalau monokok dibandingkan dengan ladder frame, dibanding ukuran yang sama, bodi monokok itu lebih ringan. Kalau lebih ringan, otomatis akan berpengaruh pada beberapa aspek, seperti konsumsi bahan bakar, karena si mesin tidak harus mendorong beban yang berat," lanjut Bonar.

Keunggulan kedua bodi monokok adalah dari segi performa. Dengan bodi lebih enteng, juga akan berpengaruh dari segi akselerasi yang lebih cepat.

Secara dimensi, Hyundai Palisade hadir dengan bodi bongsor. Di atas kertas mobil ini memiliki panjang 4.980 mm x lebar 1.975 mm x tinggi 1.750 mm.

Selain itu, Hyundai Palisade memiliki jarak sumbu roda 2.900 mm, ground clereance 200 mm. Punya badan bongsor, Hyundai Palisade dibekali kapasitas bagasi hingga 509 liter.

Hyundai PalisadeHyundai Palisade Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto


Simak Video "Rasakan SUV Rasa MPV Racikan Hyundai"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)