Enea Bastianini-Aleix Espargaro Bahas Kecelakaan Alex Rins di Balik Podium

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 16 Mei 2022 16:28 WIB
Enea Bastianini, Jack Miller, dan Aleix Espargaro di balik podium
Jack Miller, Aleix Espargaro, Enea Bastinini diskusi di balik podium MotoGP Prancis. Foto: MotoGP
Jakarta -

Balapan MotoGP Prancis berlangsung dramatis. Tercatat ada tujuh pebalap terlibat crash dan tidak bisa melanjutkan jalannya balapan. Satu diantaranya adalah pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins. Rins sebelumnya sudah menyentuh gravel di tengah kecepatan tinggi pada tikungan kedua.

Rins kemudian kembali ke trek dan terjatuh lagi usai mencegah terjadinya tabrakan dengan Jack Miller yang saat itu tengah memimpin jalannya balapan. Kejadian tersebut rupanya menjadi perhatian para peraih podium di MotoGP Prancis.

Enea Bastianini, Jack Miller, dan Aleix Espargaro pun membahas kecelakaan yang melibatkan Alex Rins. Terlebih saat itu Miller mengaku melihat langsung Rins terjatuh di depan mata.

"Apa yang kalian rasakan di tikungan 1? Menyebalkan bukan, kehilangan di ban depan," ungkap Miller seperti ditayangkan laman MotoGP.

"Kamu tidak melihat Rins," sahut Aleix Espargaro.

"Ya, saya lihat. Saat sedang mengubah arah (motor), tiba-tiba ia crash begitu saja," kata Miller.

"Tapi mengapa ia bisa terjatuh?" tanya Bastianini

"Karena ia orang yang sangat baik, ia mengunci agar motor bisa berhenti dan mengurangi kecepatan. Kalau ia terus ngegas akan sangat berbahaya," jelas Aleix.

Di tempat terpisah, Rins sendiri mengakui kejadian tersebut cukup menakutkan. Terlebih saat melintas di gravel dengan kecepatan 200 km/jam. Sekembalinya ke lintasan, Rins kehilangan kontrol dan memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan.

"Sulit untuk mengendalikan motor di gravel pada kecepatan 200 km/jam, saya kemudian melihat pebalap lain," beber Rins dikutip The Race.

"Saya berusaha untuk mencegah tabrakan dengan Miller, lalu saya mengurangi kecepatan sebisa mungkin. Saat keluar dari gravel dan kembali melanjutkan balapan saya keluar dengan sedikit belok kemudian kehilangan kontrol," lanjut Rins.

Rins tidak sendiri, rekan setimnya Joan Mir pun terpaksa tak melanjutkan balapan karena terjatuh. Mir mengaku melakukan kesalahan salah satunya adalah telat ngerem dan mengerem lebih lama dari seharusnya. Ketika rem dilepas, Mir kehilangan cengkraman di depan.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/mhg)