Marc Marquez Sebut Sulit Menyalip dengan Motor MotoGP Sekarang

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 16 Mei 2022 08:17 WIB
MotoGP - Spanish Grand Prix - Circuito de Jerez, Jerez, Spain - May 1, 2022 Repsol Honda Teams Marc Marquez before the race REUTERS/Jon Nazca
Marc Marquez mengeluhkan motor MotoGP sekarang kesulitan menyalip meski punya kecepatan baik.Foto: REUTERS/JON NAZCA
Jakarta -

Marc Marquez belum juga bisa mencicipi podium dari tujuh balapan MotoGP yang digelar sepanjang musim 2022. Terbaru, saat MotoGP Prancis Marc Marquez hanya bisa finis di tempat keenam dengan catatan waktu 15,155 detik lebih lambat dari sang jawara Enea Bastianini.

Diakui Marquez, hasil itu pun bisa diraihnya karena ada tiga pebalap di depan yang terjatuh. Kalau tidak ia tentu bertengger di tempat kesembilan.

"Jelas tanpa tiga pebalap jatuh saya hanya berakhir di tempat kesembilan. Saya tak bisa lebih cepat. Saat Zarco menyalip, saya sempat keluar dan membiarkan ia lewat dan kemudian ingin mengikutinya," ungkap pebalap Repsol Honda itu dikutip Speedweek, Senin (16/5/2022).

"Tapi saya tidak memiliki kecepatan yang bagus, ia lebih cepat. Saya hanya bisa menyelesaikan balapan sampai garis finis," tambahnya lagi.

Pebalap berusia 29 tahun itu juga mengeluhkan kondisi motor MotoGP di era balapan kali ini. Bagi Marquez, motor sudah sangat stabil namun pebalap kesulitan untuk menyalip. Kalaupun mau bermanuver, ia menyebut pebalap harus melakukan start yang agresif. Kalau tidak begitu hampir mustahil pebalap bisa salip-salipan sepanjang balapan.

Keluhan itu telah disampaikan Marquez ke Komisi Keselamatan. Diakuinya, secara catatan waktu motor memang lebih baik. Tapi ia juga menyorot, apakah penonton terhibur dengan hal itu.

"Anda tidak dapat menunjukkan melaju setengah detik lebih cepat atau lebih lambat, tapi penonton ingin melihat manuver menyalip. Contohnya hari ini (MotoGP Prancis), Fabio sangat cepat sepanjang balapan, namun ia terblok dan terjebak di situ," beber Marquez.

"Aleix juga mengalami hal serupa di Jerez. Saat itu ia di belakang Miller dan saya tapi tidak bisa menyalip untuk waktu yang lama sekalipun motornya lebih cepat. Kalau pebalap di depan tak melakukan kesalahan, sulit bagi Anda untuk bisa menyalip," pungkasnya.

Finis keenam di MotoGP Prancis mengantar Marquez menghuni klasemen 10 sementara. Sementara di posisi puncak masih ada Fabio Quartararo dengan 102 poin dan diikuti Aleix Espargaro dan Enea Bastianini di tempat ketiga.



Simak Video "Marc Marquez Crash 2 Kali, Fans Kecewa tapi Tetap Optimis Podium"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/mhg)