Kepergian Suzuki dari MotoGP Tak Bisa Dicegah Lagi

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 12 Mei 2022 10:44 WIB
Motor baru Tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022.
Suzuki dikabarkan akan mengumumkan masa depannya di MotoGP hari ini. Foto: Pool (Tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022)
Jakarta -

Nasib Suzuki di balap motor kelas premier MotoGP bakal diumumkan hari ini. Meski sudah diisukan hengkang dari MotoGP, hingga saat ini Suzuki masih belum juga bersuara terkait rencana tersebut. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta memastikan Suzuki bakal menjelaskan kelanjutan kiprahnya di MotoGP musim depan.

"Kami telah berbicara dengan Suzuki, pastinya pernyataan akan keluar besok (hari ini). Tapi mereka tidak bisa begitu saja pergi dan kami harus berbicara bagaimana mereka meninggalkan MotoGP," ungkap Ezpeleta dikutip Marca.

Menurut Ezpeleta, kepergian Suzuki sudah tidak bisa lagi dicegah. Pihaknya juga tak ingin menghalangi Suzuki untuk cabut dari MotoGP.

"Saya pikir sudah tidak ada solusi. Kami juga tidak mau memaksa siapapun untuk melanjutkan kalau kenyataannya memang tidak mau. Kami mendapatkan banyak permintaan dari beberapa tim untuk mengisi posisi mereka dan yang harus kami lakukan sekarang bekerja dengan tenang," katanya.

Sekadar informasi, sebelumnya Dorna sudah menyampaikan pernyataan resminya soal rencana kepergian Suzuki di akhir musim MotoGP 2022. Suzuki sejauh ini masih terikat kontrak dengan Dorna hingga empat tahun ke depan.

Satu spekulasi yang bermunculan adalah Suzuki tengah mengalami masalah finansial usai dihantam pandemi Corona. Suzuki disebut harus menyimpan uang guna keperluan riset e-mobility. Di sisi lain, Suzuki juga harus merogoh kocek cukup dalam untuk berlaga di kelas premier tanpa sponsor utama.

Suzuki menjadi salah satu tim dengan dana operasional paling minim yang ada di grid MotoGP. Dibanding beberapa pabrikan lain yang punya sponsor utama besar, Suzuki memang tak memiliki itu. Sebagai catatan, Ecstar, yang menjadi sponsor utama, masih berada satu payung perusahaan dengan Suzuki sendiri.

Hal ini tentunya berbeda dengan Honda yang didukung Repsol, Yamaha yang mendapat suport dari Monster, KTM dengan Red Bull-nya, serta Ducati bersama Lenovo.

Kalau Suzuki jadi hengkang, ini kedua kalinya Suzuki mundur dari MotoGP setelah juga tak berpartisipasi pada periode 2012-2014. Ketika itu Suzuki memutuskan mengumumkan undur diri dari MotoGP di penghujung musim 2011 karena terimbas krisis finansial global.



Simak Video "Tak Cuma Ertiga, Suzuki Siap 'Setrum' Model Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)