Banyak Dikomplain, Sirkuit Mandalika Bakal Diaspal Ulang

ADVERTISEMENT

Banyak Dikomplain, Sirkuit Mandalika Bakal Diaspal Ulang

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 16 Feb 2022 07:40 WIB
Sejumlah pebalap kembali memacu kecepatan motor mereka di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Hari ini jadi hari terakhir gelaran tes pramusim MotoGP 2022.
Permukaan lintasan Sirkuit Mandalika bakal diaspal ulang (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Jakarta -

Sirkuit Pertamina Mandalika menerima beberapa keluhan terkait kondisi aspalnya saat tes pramusim MotoGP. Di tengah waktu yang sudah sangat mepet sebelum balapan digelar, sirkuit tersebut akan menjalani pengaspalan ulang di beberapa titik.

Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika memunculkan euforia besar pencinta olahraga dan otomotif di Indonesia pada akhir pekan lalu. Namun beberapa ganjalan ditemukan kemudian saat para pebalap mulai menggeber motornya di atas trek.

Salah satu yang dikeluhkan adalah terkait kotornya permukaan sirkuit, yang disebabkan masih adanya proyek pembangunan sarana dan prasarana di dalam dan sekitaran lintasan.

Hal lainnya, yang kemudian dianggap lebih krusial adalah kerikil yang ada di lapisan aspal utama. Kerikil ini sangat berbahaya karena terbukti sudah melukai pebalap, selain itu tentu saja bisa merusak motor.

Hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalia sudah selesai. Luca Marini keluar sebagai pebalap tercepat dengan torehan waktu 1 menit 31,289 detik.Aksi rider Repsol Honda di Sirkuit Mandalika. Tiga hari tes pramusim di Sirkuit Mandalika, beberapa pebalap mengeluhkan kondisi sirkuit. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

Karena kondisi yang bisa membahayakan pebalap tersebut, Sirkuit Pertamina Mandalika diputuskan akan diaspal ulang. Pengaspalan ulang hanya tidak akan dilakukan pada seluruh permukaan trek, namun hanya di beberapa lokasi saja.

Demikian diputuskan oleh Dorna dan FIM sebagai otoritas penyelenggara MotoGP.

"Masukan dari para pebalap dan tim terkait layout sirkuit dan standar keamanannya, termasuk luas lintasan aspal dan gravel, sangatlah positif. Selama tes, dua hal yang masih bisa ditingkatkan berhasil diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan trek dan sempalan kerikil yang memengaruhi beberapa bagian sirkuit," demikian pernyataan resmi Dorna dan MotoGP.

"FIM yang mengawasi proses homologasi, sudah melakukan komunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation [ITDC] terkait kebutuhan melakukan perbaikan yang dibutuhkan, yang akan diimplementasikan minimum tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix of Indonesia."

Hari Terakhir Tes MotoGP Mandalika 2022.Para pebalap MotoGP bersiap melakukan start di sesi latihan pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Pertamina Mandalika Foto: Dorna Sports

"Pemilik sirkuiit ITDC telah setuju dengan penilaian FIM dan juga permintaannya, yang menunjukkan tingginya level dukungan dan komitmen untuk olahrahga ini. Semua pihak bereaksi dengan cepat, dan pergerakan menuju perbaikan ini sudah dimulai, termauk pengaspalan ulang beberapa bagian dari sikrkuit," lanjut pernyataan tersebut.

Proses pengaspalan ulang beberapa bagian Sirkuit Pertamina Mandalika diharapkan bisa rampung sebelum event MotoGP Indonesia dilangsungkan di sana. Indonesia akan jadi seri kedua MotoGP 2022, di mana balapan akan dihelat pada 18-20 Maret.

[Halaman selanjutnya >> Pernyataan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika]



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT