Jadi Lokasi Sirkuit Formula E, Ancol Lebih Baik Dibanding Monas dan GBK

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 24 Des 2021 06:42 WIB
Desain sirkuit Formula E
Desain sirkuit Formula E (Tiara Aliya-detikcom)
Jakarta -

Kawasan Ancol sudah dipilih sebagai lokasi sirkuit Formula E. Meski awalnya bukan lokasi prioritas, Ancol kini malah disebut sebagai lokasi yang terbaik buat balapan mobil listrik tersebut.

Dijelaskan Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni, Ancol dipilih sebagai venue Formula E yang baru karena dianggap lebih baik dan menguntungkan dari sisi pembangunan sirkuit dan segi bisnis.

"Ada dua manfaat dan selebihnya ada manfaat pada saat pelaksanaan dimulai 4 Juni. Baik dari sisi lokasi, pendapatan pelaksanaan branding segala macam, itulah kenapa approval FIA dan FEO di Ancol," kata Sahroni dikutip dari siaran pers resmi.

Lebih lanjut, Sahroni menyebut jika Ancol adalah tempat yang dinamis dan juga merupakan salah satu ikon kota Jakarta. Sedangkan tempatnya juga tidak akan mengganggu masyarakat umum karena tertutup dari akses jalanan umum.

"Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tidak mengganggu fasilitas umum. Seperti kita ketahui, jika diadakan di area Gelora Bung Karno maupun Sudirman, maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari, dan hal itu tentunya tidak memungkinkan. Begitu juga di Monas," ujarnya.

Warga berjalan di lokasi yang akan dijadikan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (22/12/2021). JIEC akan memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar 12 meter, 18 tikungan, dengan arah lintasan searah jarum jam, dan memiliki panjang 600 meter untuk trek lurus serta ditargetkan pembangunannya selesai pada April 2022. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.Warga berjalan di lokasi yang akan dijadikan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (22/12/2021). JIEC akan memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar 12 meter, 18 tikungan, dengan arah lintasan searah jarum jam, dan memiliki panjang 600 meter untuk trek lurus serta ditargetkan pembangunannya selesai pada April 2022. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sebelumnya, lokasi balapan Formula E awalnya direncanakan bakal berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas). Namun, JakPro selaku penyelenggara Formula E memastikan jika venue balapan batal digelar di tempat tersebut.

Dalam perkembanganya kemudian, ada lima alternatif venue untuk menggelar balapan Formula E di Jakarta, yeng kemudian mengerucut menjadi dua.

Sampai pada akhirnya, penyelenggara resmi mengumumkan jika venue balapan mobil listrik itu digelar di Ancol.



Simak Video "Panjang Sirkuit Formula E Hanya Setengah dari F1, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)