Lika-liku Sirkuit Formula E Jakarta: Maunya di Monas, Kini Melipir ke Ancol

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 22 Des 2021 10:38 WIB
Jakarta -

Formula E akhirnya dipastikan akan tetap digelar di Jakarta. Ancol bakal menjadi tempat digelarnya balapan mobil formula bertenaga listrik tersebut.

Sebelum terpilihnya Ancol, sempat simpang siur di mana Formula E Jakarta akan digelar. Padahal, pertama kali Formula E diumumkan akan digelar di Jakarta, Monas diwacanakan menjadi sirkuitnya.

Secara keseluruhan, rencana menggelar Formula E Jakarta penuh lika-liku. Mulai dari persoalan anggaran biaya, pengajuan hak interpelasi oleh DPRD, hingga soal penetapan lokasi balapan. Terkait lokasi balapan, ini perjalanan sirkuit Formula E Jakarta dari Monas hingga disahkan di Ancol.

Berawal dari Monas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan rencana Jakarta siap menjadi tuan rumah Formula E pada September 2019. Formula E Jakarta semula akan dilakukan di Monas. Pada awalnya, Formula E di Monas direncanakan digelar Juni 2020. Namun karena pandemi COVID-19 melanda, Formula E Jakarta akhirnya batal dan dijadwalkan ulang sampai 2022.

Sebelumnya, JakPro sebagai penyelenggara Formula E Jakarta, sempat melakukan uji coba aspal untuk trek balap di Monas. Namun tak lama, aspal itu dibongkar.

Gambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas yang Diajukan Anies BaswedanGambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas yang Diajukan Anies Baswedan Foto: Ist.

Saat Formula E diwacanakan di Monas, Anies sempat mengajukan rancangan sirkuit Formula E di Monas melalui surat yang dia tandatangani dan ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara. Berpatokan pada peta tersebut, rancangan sirkuit di Monas menggunakan trek lurus panjang di Jalan Merdeka Selatan. Lalu berbelok ke kanan masuk area silang Monas dekat patung Arjuna Wijaya. Di area silang monas sepertinya akan dilakukan modifikasi trek sehingga mobil Formula E bisa berputar balik di dalamnya. Dari sisi selatan silang monas, mobil diarahkan ke luar kembali ke Jalan Merdeka Selatan.

Namun, penyelenggaraan Formula E di Monas terkendala perizinan dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Kemensetneg tidak menyetujui rencana Formula E di kawasan Monas. Disebutkan, ada berbagai pertimbangan, salah satunya soal cagar budaya.

Akhirnya, Monas pun benar-benar batal menjadi venue Formula E Jakarta. "Venue yang jelas bukan di Monas, itu saja clue-nya," ungkap Direktur JakPro, Gunung Kartiko, kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Lanjut halaman berikutnya: Jadwal Formula E Jakarta 2022 dan Lokasinya >>>