Profil Sirkuit Formula E di Ancol, Punya 18 Tikungan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 22 Des 2021 14:05 WIB
Desain sirkuit Formula E
Desain sirkuit Formula E (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Ancol resmi ditunjuk sebagai sirkuit Formula E Jakarta untuk tahun depan. Sirkuit itu dinamakan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Panitia Formula E Jakarta mengumumkan secara resmi lokasi balapan mobil listrik itu bakal digelar di Ancol.

"Karena ini langsung diberikan approval oleh FIA dan FEO sendiri, maka dua lembaga tersebut mengkaji dan evaluasi tempat-tempat yang sudah ada. Dari akhir, dua lembaga tersebut baru tadi pagi diberikan approval sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta di Ancol," kata Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

Dari data spesifikasi sirkuit, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer (km). Sirkuit punya lebar 12 meter.

"Gambaran sirkuit bisa dilihat seperti apa rupanya? Kuda lumping. Filosofinya kuda lumping apa? Itu nasional," kata Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto.

Sirkuit Formula E di Ancol memiliki 18 tikungan. Nantinya, para pebalap Formula E akan mengitari sirkuit dengan desain seperti kuda lumping ini searah jarum jam atau clock wise.

Di sirkuit ini, mobil formula bertenaga listrik juga bisa digeber sampai kecepatan tinggi. Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) punya lintasan lurus sepanjang 600 meter sehingga dirasa cukup untuk menggeber mobil Formula E sampai kecepatan tinggi.

Sahroni mengatakan jalanan di Ancol yang jadi lokasi sirkuit Formula E akan dipoles mulai Januari 2022. Targetnya, perbaikan yang mendukung sirkuit selesai selama 3 bulan atau setidaknya sampai April 2022.

Dia menegaskan tak ada pembangunan sirkuit baru di Ancol. Menurutnya, panitia bakal melakukan sejumlah perbaikan agar balapan Formula E berjalan lancar.

"Nah Formula E sendiri itu area jalan raya yang bisa di-approve FEO dan FIA dengan kondisi dan desain dari mereka," kata Sahroni.

Pada Oktober 2021 lalu, Formula E mengumumkan jadwal balap musim 2022. Kepastian Indonesia jadi tuan rumah balapan Formula E bisa dilihat di situs resmi Formula E. Indonesia menjadi salah satu dari 16 seri balapan yang akan dilangsungkan pada musim 2022.

Balapan di Indonesia, yang digelar di Jakarta, dijadwalkan pada 4 Juni 2022. Indonesia menjadi seri kesembilan.

"Kejuaraan Dunia Formula E akan datang ke jalanan Kota Jakarta untuk kali pertama pada 4 Juni 2022. Saksikan balapan paling kompetitif di dunia motorsport yang bakal dilangsungkan di jalanan ibukota Jakarta," demikian pernyataan Formula E mendampingi informasi jadwal penyelenggaraan di Jakarta.

Simak Video 'Penampakan Desain Sirkuit Formula E 2022, Berbentuk Kuda Lumping':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)