Duh! Khawatir Formula E di Ancol Terancam Banjir Rob

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 22 Des 2021 11:28 WIB
Desain sirkuit Formula E
Desain sirkuit Formula E (Tiara Aliya-detikcom)
Jakarta -

Formula E Jakarta sudah diputuskan akan digelar di wilayah Ancol. Kini muncul kekhawatiran kalau sirkuit yang akan dibangun bisa terancam banjir rob.

Adanya ancaman banjir rob yang bisa mengganggu gelaran Formula E diungkapkan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Soal potensi ada banjir rob itu juga menjadi pertimbangan kita semua," kata Riza Patria, Rabu (22/12), dikutip dari Antara.

"Mudah-mudahan pada pelaksanaannya tidak ada banjir dan ini juga menjadi perhatian kita untuk melakukan berbagai antisipasi," lanjut dia.

Dilanjutkan Riza, pihaknya menghormati keputusan menggelar Formula E di Ancol yang diambil oleh pihak Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Diberitakan sebelumnya, penyelenggara Formula E Jakarta akhirnya memutuskan Ancol sebagai lokasi digelarnya balapan mobil listrik tersebut. Ancol dipilih setelah sebelumnya Pemprov DKI mengusulkan lokasi balapan di sekitaran Monas.

Mobil balap Formula E Gen2 EVOMobil balap Formula E Gen2 EVO Foto: Formula E

Sirkuit Formula E tersebut nantinya akan dibuat seperti Sirkuit Mandalika, yakni berupa lintasan jalan raya.

Sirkuit Formula E tersebut akan memiliki panjang lintasan 2,1 kilometer dengan lebar 16 meter. Balapan akan digelar clockwise alias berputar searah jarum jam. Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan.

Banjir rob merupakan banjir yang disebabkan oleh pasang-surut air laut. Banjir rob ini sudah jadi fenomena yang umum bagi masyarakat yang tinggal di pesisi Jakarta Utara.

Pada awal Desember ini banjir rob sempat terjadi dan melanda beberapa rumah di sana.

Formula E Jakarta di Ancol dijadwalkan akan digelar pada 4 Juni 2022.



Simak Video "Panjang Sirkuit Formula E Hanya Setengah dari F1, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)