Honda Mulai Khawatir dengan Kondisi Cedera Marc Marquez

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 12 Des 2021 16:40 WIB
Spains rider Marc Marquez of the Repsol Honda Team celebrates after winning the MotoGP race of the Emilia Romagna Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Oct. 24, 2021. (AP Photo/Antonio Calanni)
Marc Marquez. Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

Marc Marquez saat ini masih menjalani masa pemulihan usai mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu. Namun, Manajer tim Repsol Honda belakangan ini mulai khawatir dengan kondisi Marquez.

Diketahui, Marc Marquez sebelumnya mengalami cedera gegar otak serta gangguan pada saraf mata hingga menyebabkan diplopia. Hal ini disebabkan kecelakaan yang dialami oleh Marquez saat berlatih motocross sebelum MotoGP Algarve beberapa pekan lalu.

Hasil pemeriksaan dari dokter menunjukkan jika Marquez harus beristirahat lebih lama lagi sampai kondisinya benar-benar pulih. The Baby Alien bahkan telah melewati dua seri terakhir MotoGP 2021 dan juga absen mengikuti tes pramusim di Sirkuit Jerez.

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig mengungkapkan jika kondisi saat ini cukup sulit mengingat Marquez di sepanjang musim 2020 harus absen akibat mengalami cedera pada lengan kanannya.

"Kami bisa menang pada beberapa seri dan sudah berhasil naik podium, tapi jelas itu bukan tujuan kami," kata Puig dikutip dari Tuttomotoriweb.

"Hal yang terburuk adalah ketika Marc (Marquez) tidak kembali, dia tidak pulih seperti yang kami harapkan atau yang dia juga harapkan," jelasnya.

Puig mengatakan jika cedera yang dialami oleh pebalap asal Spanyol itu sangat tidak terduga. Padahal, Marquez sempat tampil baik usai berhasil menjuarai seri MotoGP Jerman, MotoGP AS, dan MotoGP Emilia Romagna.

Tim Repsol Honda kini sedikit berharap dengan performa Pol Espargaro musim depan. Setidaknya, dengan kemampuan Espargaro di MotoGP 2022 dapat mengangkat nama Honda untuk bersaing dengan sejumlah pebalap dari Yamaha dan Ducati.

"Kami bisa mengatasi banyak masalah pada periode terakhir ini, tidak hanya dengan pebalap, tapi kami juga menghadapi sedikit kesulitan dengan motor kami di sejumlah sirkuit," ungkap Puig.

Dalam klasemen akhir MotoGP 2021, Marquez menempati posisi ketujuh dengan meraih 142 poin. Baru tampil perdana saat seri ketiga di MotoGP Portugal, The Baby Alien sempat diragukan tampil baik selama 2021 karena masih dalam proses pemulihan.

Titik balik Marquez mulai ia tunjukan ketika menjuarai MotoGP Jerman, lalu rider berusia 28 tahun itu sukses meraih kemenangan dua kali berturut-turut ketika tampil di MotoGP Amerika Serikat dan MotoGP Emilia Romagna.

Namun sayang, cedera yang dialami Marquez menyebabkan rentetan hasil positifnya terputus. Kini, Puig hanya bisa berharap jika Marquez cepat pulih dan bisa segera menunggangi kuda besi sejak awal musim MotoGP 2022 berlangsung.

"Sekarang saya hanya berharap untuk masa depan yang lebih baik bagi Marc, setidaknya sudah bisa pulih sejak awal musim 2022 mendatang," pungkas Puig.

(lua/riar)