Jonathan Rea Puji Sirkuit Mandalika, Trek Basah dengan Grip Terbaik di Dunia

Tim detikcom - detikOto
Senin, 06 Des 2021 10:17 WIB
Jakarta -

Jonathan Rea menjadi pemenang di dua balapan World Superbike (SBK) yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Pebalap Kawasaki itu memuji Sirkuit Mandalika yang menggelar balapan dengan trek basah.

Kata Jonathan Rea, Mandalika merupakan sirkuit terbaik saat lintasan basah. Dia bilang, sirkuit itu memiliki grip yang baik.

"Mandalika adalah salah satu trek balap dengan grip terbaik di dunia basah," puji juara dunia World SBK enam kali itu dikutip Speedweek (5/12/2021).

Namun, dia mengkritik masalah drainase pada Sirkuit Mandalika. Menurutnya, ada satu sisi yang benar-benar masih menggenang di sebagian area. "Mungkin ada yang bisa dilakukan untuk (memperbaiki masalah drainase) itu," ujarnya.

"Namun, sesuatu yang fantastis telah dicapai di Mandalika. Empat minggu sebelum balapan akhir pekan saya melihat gambar trek balap yang tidak lengkap (sirkuit belum selesai). Tapi kemudian acara kelas dunia diadakan di sana. Anda hanya perlu memberi selamat kepada mereka. Pertemuan itu merupakan pengalaman yang luar biasa."

Musim 2022 mendatang, balapan World SBK di Mandalika kembali digelar pada November, lagi-lagi musim hujan di sana. Jonathan Rea berharap waktu balapan di Mandalika bisa disesuaikan sehingga tidak diguyur hujan saat balapan.

"Menyesuaikan jadwal akan membantu. Jika balapan berlangsung pada pukul 2 siang, kami tidak akan balapan dalam kondisi (hujan) seperti itu. Saat ini hujan sekitar jam 3 sore," kata Rea.

Untuk ajang World Superbike 2022, Indonesia akan menjadi seri ke-11 di kalender sementara. Pertamina Mandalika International Street Circuit, Indonesia menggelar World Superbike pada 11-13 November.

Berbeda dengan musim 2021, Mandalika bukan menjadi seri penutup World SBK. Setelah seri Mandalika, masih ada dua race lagi yang digelar yakni Philip Island Circuit, Australia dan satu sirkuit yang berstatus TBA.

(rgr/din)