ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif MGPA

MotoGP Indonesia 2022: MGPA Mau Bikin Penonton Terkesan di Dalam dan Luar Sirkuit

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 04 Des 2021 14:06 WIB
Pengecatan lintasan sirkuit Mandalika telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengecatan itu membuat lintasan sirkuit Mandalika makin keren. Penasaran?
Ilustrasi Sirkuit Mandalika Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai penanggung jawab sirkuit Mandalika Lombok menyambut hangat atas kepercayaan Dorna untuk menyelenggarakan tes pramusim motoGP pada Februari 2022. Hal tersebut membuktikan kualitas yang dipunya sirkuit terbaik di Indonesia itu.

"Memang kami mendapat kehormatan untuk hal ini. Dorna juga tak sembarangan memilih tempat preseason testing. Jadi ketika kami dipilih, artinya itu juga penting buat pebalap. Pebalap harus menarik data-data yang mereka butuhkan, karena balapannya sudah ada di bulan Maret," ucap Wakil Direktur MGPA, Cahyadi Wanda di Sirkuit Mandalika Lombok saat redaksi detikOto melakukan perjalanan dalam program Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika.

"Artinya mereka memiliki kesempatan mempelajari sirkuit, mempelajari data-data, seperti ban apa yang terbaik, apakah kombinasi medium atau slick, itukan jelas mereka harus mempelajari di sini. Jadi, kami pasti akan mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena waktunya juga nggak lama dari sekarang menuju pre season testing," Cahyadi menambahkan.

Cahyadi mengatakan dengan sudah keluarnya jadwal, harapan lebih mengharumkan nama Indonesia akan benar-benar terwujud.

Foto kolase perbandingan bentuk tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan Jalan Kawasan Khusus (JKK) sirkuit pada 10 Oktober 2019 (atas) dan foto udara suasana tikungan ke 15 dan 16 Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (9/11/2021). ITDC dan Mandalika Grand Prix Association mengebut pengerjaan fasilitas pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk ajang balap World Superbike dan hingga Senin (8/11) kesiapan sirkuit jalan raya sepanjang 4,3 km itu telah mencapai 98 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.Foto kolase perbandingan bentuk tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan Jalan Kawasan Khusus (JKK) sirkuit pada 10 Oktober 2019 (atas) dan foto udara suasana tikungan ke 15 dan 16 Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (9/11/2021). ITDC dan Mandalika Grand Prix Association mengebut pengerjaan fasilitas pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk ajang balap World Superbike dan hingga Senin (8/11) kesiapan sirkuit jalan raya sepanjang 4,3 km itu telah mencapai 98 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

"Harapan kami satu ya, dengan sudah keluarnya jadwal ini, dan kemarin terbukti penyelenggaraan WSBK overall berlangsung baik, dan itu pun bukan keluar dari kami, keluar langsung dari Dorna dan FIM penyelenggaraan berlangsung baik. Jadi kami menganggap dari penilian yang sangat obyektif dari mereka, kami berharap ke depannya,kami melihat lagi apa yang masih kurang," ujar Cahyadi.

"Karena begini, baik dalam sisi penyelenggaraan event itu harus bercermin menyeluruh. Dan di situ kami belajar banyak kemarin, dan artinya ke depannya satu hal yang menjadi fokus kami adalah bagaimana menciptakan pengalaman orang-orang datang ke Mandalika mulai dari dia turun ke airport, sampai dia perjalanan ke sirkuit, menonton, semuanya nggak bisa dilupain. Itu menjadi goal kami di MotoGP yang harus bisa kami capai. Jangan lupa, MotoGP ini ditayangkan di lebih dari 200 negara, artinya eksposure dunia ke Indonesia di hari itu luar biasa, yang pasti kita harus menunjukkan kelas kita di saat itu," pendapat Cahyadi.

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dipastikan akan menggelar balapan internasional tahun depan. Tahun 2022, Mandalika akan menjadi tuan rumah tiga balapan internasional. Ada MotoGP, World Superbike (SBK) dan Asia Talent Cup.

Mandalika bakal mulai sibuk pada Februari 2022. Pada 11-13 Februari 2022, Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP.

Untuk balapan, Indonesia akan menjadi seri kedua MotoGP 2022. Balapan pertama dilangsungkan di Losail, Qatar. Kemudian lanjut ke Mandalika di seri kedua pada 18-20 Maret 2021.

Berikut jadwal tes pramusim dan balapan MotoGP Indonesia di Mandalika:

- Tes Pramusim MotoGP: 11-13 Februari 2022
- Seri Kedua MotoGP 2022: 18-20 Maret 2022

Berbarengan dengan gelaran MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar Idemitsu Asia Talent Cup 202. Berbeda dengan negara lainnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah dua kali Asia Talent Cup 2022. ATC 2022 di Mandalika dibarengi dengan MotoGP dan World SBK.



Simak Video "Sirkuit Mandalika Dibuka Untuk Umum, Segini Harga Tiketnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT