ADVERTISEMENT

Road Trip Mandalika

Pesan Mas Sandi Buat yang Mau Road Trip ke Mandalika

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 27 Des 2021 22:39 WIB
Jakarta -

Lombok Nusa Tenggara Barat kini menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat Indonesia. Selain karena daya tarik keindahan alam yang luar biasa indah, Mandalika kini juga punya sirkuit internasional tempat digelarnya WSBK dan (rencananya) MotoGP pada 2022.

Nah bagi detikers yang hendak melakukan road trip ke Lombok atau ke Mandalika, NTB, ada yang menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang disampaikan kepada detik.com.

"Infrastruktur sudah tersedia (untuk melakukan road trip Jakarta-Mandalika, Lombok NTB). Masyarakat melakukan road trip dari kota-kota besar di Jawa ke Bali kemudian dilanjutkan ke Lombok menjadi hal yang biasa, karena adanya fasilitas jalan tol lintas pulau Jawa," ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan bagi masyrakat yang hendak melakukan road trip Jakarta-Lombok harus memperhatikan waktu saat melakukan penyeberangan menggunakan kapal ferry.

Toyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021 saat dijalanToyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021 saat dijalan Foto: Rachman_punyaFOTO

"Selain itu infrastruktur jalan dan destinasi Bali dan Lombok juga memadai. Mungkin yang harus diantisipasi adalah waktu penyebarangan ferry dari Ketapang -Gilimanuk (Banyuwangi-Bali) dan Padangbai-Lembar (Bali -Lombok)," ucap Sandiaga.

"Belum lama ini ASDP sudah membuka jalur pelayaran jarak jauh Ketapang -Lembar (Banyuwangi-Lombok) sebagai upaya mengurai kepadatan lalulintas ruas jalan Gilimanuk-Denpasar. Perjalan panjang ini memakan waktu sekitar 12 jam dan banyak digunakan kendaraan angkutan barang," Sandiaga menambahkan.

Bicara soal penyeberangan berdasarkan catatan kecil team detik.com saat melakukan road trip Jakarta-Lombok-Jakarta, untuk biaya penyeberangan mencapai Rp 2.354.000, untuk 1 mobil berukuran sedang dengan kapasitas penumpang 4-5 penumpang untuk 3 kali penyeberangan.

Berikut biaya penyeberangan menggunakan kendaraan mobil sedang dengan kapasitas 4-5 penumpang.

- Ketapang (Banyuwangi)- Lembar (Lombok) Rp. 1.083.690/mobil 4 penumpang

- Lembar (Lombok) - Padang Bai (Bali) Rp. 1.023.000/mobil 4 penumpang

- Gilimanuk (Bali) - Ketapang (Banyuwangi) Rp. 182.000/mobil 4 penumpang

Total: 2.288.690



Simak Video "Road Trip Jadi Pilihan di Masa Pandemi, Begini Kata Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT