Road Trip Mandalika

Kata Sandiaga Uno Kalau Road Trip Jadilah 'Rojali', Apa Itu?

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 24 Des 2021 13:15 WIB
Jakarta -

Tren road trip atau melakukan perjalanan panjang melalui jalur darat dengan kendaraan untuk bisa melancong atau berpariwisata bersama keluarga, kini terus tumbuh seiring pandemi yang masih terus mengancam.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno rupanya menaruh harap besar dengan meningkatnya tren road trip, salah satunya bisa meningkatkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

"Road trip dilakukan pada situasi kurva pandemi COVID-19 relatif lebih aman. Namun demikian, wisatawan harus tetap rajin menerapkan prokes. Road trip mendorong wisatawan domestik lebih menyukai perjalanan di dalam negeri," kata Sandiaga Uno.

"Kegiatan road trip merupakan kesempatan untuk lebih mengenal budaya, alam, dan adat istiadat masyarakat kita. Sebagai kenangan dari perjalanan yang menyenangkan tersebut, sempatkan membeli oleh-oleh atau cinderamata dan ini sekaligus akan membantu para pelaku usaha UMKM," Sandiaga menambahkan.

Toyota Cross Hybrid di Mandalika LombokToyota Cross Hybrid di Mandalika Lombok Foto: Rachman_punyaFOTO

Bahkan Sandiaga menambahkan diharapkan pengendara bisa menjadi wisatawan 'rojali', yaitu rombongan yang jadi beli bukan menjadi rombongan gak jadi beli.

"Jadilah wisatawan 'Rojali', alias rombongan yang jadi beli. Belilah produk kreatif lokal. Atau menjadi wisatawan 'Rogana' singkatan dari rombongan yang enggak pakai nawar-nawar," seloroh Sandiaga Uno.

"Misalnya, beli produk kreatif lokal batik atau kain songket, yang membuatnya perlu waktu berbulan-bulan, akan memadai dengan harga yang ditawarkan. Pesan saya, jangan jadi wisatawan 'Rohali' singkatan dari rombongan hanya lihat-lihat. Hanya menikmati pemandangan di destinasi wisata tanpa membeli sesuatu atau membawa oleh-oleh dari sana," tutup Sandiaga Uno.



Simak Video "Road Trip Jadi Pilihan di Masa Pandemi, Begini Kata Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)