ADVERTISEMENT

Road Trip Mandalika

Rahasia Kenyamanan Road Trip 3.156 KM Jakarta-Lombok PP Tunggangi Corolla Cross Hybrid

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 22 Des 2021 12:54 WIB
Jakarta -

Menyambut pergelaran akbar World Superbike yang digelar di sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021 kemarin, tim detik.com melakukan perjalanan jalur darat panjang dalam program Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika.

Selama perjalanan tercatat team detik.com menempuh perjalanan hingga 3.156 km bersama All New Corolla Cross Hybrid. Jika dilihat di atas kertas, perjalanan ini bisa dikatakan cukup melelahkan namun berkat dua pilihan dapur pacu alias mesin dan motor listrik bersama baterai, membuat perjalanan ini tetap menyenangkan.

Seperti yang sudah diketahui bersama All New Corolla Cross dilengkapi dua pilihan dapur pacu. Yang pertama adalah normally-aspirated 2ZR-FE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i.

All New Corolla Cross Hybrid ini sanggup melepaskan tenaga maksimum 140 PS pada 6.400 rpm dan torsi 17,5 Kgm pada 4.000 rpm. Untuk penerus daya dipakai transmisi CVT yang dikenal memiliki distribusi tenaga halus dan responsif dan mode manual 7-speed bagi pengemudi yang menginginkan tantangan lebih.

Toyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021 saat dijalanToyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021 saat dijalan Foto: Rachman_punyaFOTO

Pilihan kedua adalah HEV dan All New Corolla Cross hybrid merupakan produk ke-7 dalam keluarga Toyota di Indonesia yang menggunakan teknologi elektrifikasi. Dimulai oleh Toyota Prius, ditambah oleh Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV, dan Prius PHEV.

Untuk motor listriknya All New Corolla Cross Hybrid mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Power unit ini juga lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasolin.

Kesigapan All New Corolla Cross HEV dalam mengolah tenaga motor bakar dan motor listrik begitu menjanjikan di jalan. Bahkan tersedia mode berkendara yang terdiri atas opsi EV (Electric Vehicle) untuk berkendara halus tanpa bensin dan emisi nol, atau ECO untuk mengemudi irit, dan SPORT untuk menggali seluruh potensi daya yang dimiliki. Hal ini yang membuat perjalanan kian tidak terasa jauh dan nyaman.

Lari ke bagian kabin, All New Corolla Cross dimanjakan oleh beragam fitur kenyamanan terkini. Interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inch IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

Hal tersebut yang menambah kenyamanan saat berkendara. terlebih saat harus melahap jarak tempuh total sejauh 3.156 km.

Saat melakukan pengujian menggunakan 'Mode Sport' hasilnya begitu memuaskan. Dalam kecepatan tinggi sekalipun tidak terasa getaran yang biasanya terjadi jika mobil digeber pada kecepatan tinggi. Road trip Jakarta-Mandalika membuktikan berkendara jauh menggunakan mobil hybrid adalah pilihan yang tak salah.

(lth/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT