Mandalika Berbenah Sambut MotoGP 2022, Perbaiki Drainase-Tambah Tribun

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 19 Des 2021 12:13 WIB
Kondisi Sirkuit Mandalika Lombok
Sirkuit Mandalika dibenahi untuk menyambut MotoGP 2022. Foto: Rachman/detikcom
Jakarta -

Indonesia masuk kalender pergelaran MotoGP 2022. Dorna Sports telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November 2022.

MotoGP akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Setelah sukses menggelar final World Superbike (SBK), Sirkuit Mandalika kini kembali dibenahi untuk menyambut gelaran MotoGP 2021.

"Dalam rangka mendukung penyelenggaraan event balap motor tahun depan dan meningkatkan kenyamanan tim balap maupun penonton, kami juga tengah meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung sirkuit," kata Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis Arie Prasetyo dalam keterangan tertulisnya.

Kini, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah menyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian dan saluran drainase di sekitar Sirkuit, penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan Pit Building (non modular part).

Untuk menggelar MotoGP, grand stand atau tribun di Sirkuit Mandalika juga akan ditambah di 11 titik yang mengelilingi sirkuit. Penambahan grand stand ini diperlukan sebagai antisipasi jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan akan lebih banyak daripada WSBK. Seluruh pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada awal Maret 2022.

"Selain meningkatkan kelengkapan sirkuit serta sarana dan prasarana sirkuit, kami juga berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan event balap motor di Pertamina Mandalika International Street Circuit sehingga penyelenggaraan balap motor tahun depan akan lebih baik dan memenuhi ekspektasi semua pecinta balap motor. Kami mohon dukungannya agar persiapan menyambut MotoGP ini dapat berjalan lancar sehingga kita dapat menyaksikan kembali balap motor MotoGP digelar di negeri kita setelah penantian panjang selama 24 tahun. Dan kami percaya event MotoGP mampu menjadi trigger kebangkitan industri pariwisata dan memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian Indonesia," ujar Arie Prasetyo.



Simak Video "Sirkuit Mandalika Kini Punya Nama Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)