Wawancara Eksklusif MGPA

Ada yang Nyinyir Sirkuit Mandalika Tak Bisa Gelar Balap Internasional, Ternyata Sukses

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 04 Des 2021 12:54 WIB
Pengecatan lintasan sirkuit Mandalika telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pengecatan itu membuat lintasan sirkuit Mandalika makin keren. Penasaran?
Potret Lintasan Sirkuit Mandalika yang Makin Cakep dan Keren Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

World Superbike yang digelar di Sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) menarik perhatian dunia. Tak hanya soal sirkuit yang dibangun dengan kecepatan penuh, alam yang indah juga menjadi nilai jual tersendiri. Bahkan banyak yang berkomentar dan tak percaya kalau ajang tersebut diselenggarakan di Indonesia.

"Karena kemarin, ketika kita menonton di TV World Superbike, seperti kayak, 'Wow ini Indonesia, ini di Indonesia ya?'. Banyak banget yang berkomentar seperti itu," ujar Wakil Direktur MGPA, Cahyadi Wanda di sirkuit Mandalika Lombok saat ditemui redaksi detikOto yang melakukan perjalanan dalam program Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika.

Cahyadi juga menambahkan Sirkuit Mandalika menjawab keraguan banyak orang, dan menyangsikan akan kesiapan menjamu banyak ajang balap internasional.

"Dan ternyata ya di tengah-tengah banyak keraguan orang-orang, kalau bicara tahun lalu banyak banget yang meragukan. Apa bisa Indonesia? Apa jadi sirkuitnya? Oh terakhir ke sana tanah semua ya. Kan itu komentar yang selalu ada. Terakhir ke sana, ya ampun itu sih nggak akan jalan balapannya," ucap Cahyadi.

"Ternyata kemarin bisa dan kita dinilai berhasil. Itu sebuah kebanggaan bukan hanya bagi kami, masyarakat Indonesia harusnya bangga sama-sama. Indonesia diakui seperti kemarin dan pebalap meng-appreciate indahnya Lombok. Selama ini orang terlanjur tahu Bali, semua orang tahu," tutur Cahyadi.

Lebih mengejut bagi Cahyadi, ternyata banyak postingan pebalap yang seakan-akan lupa bahwa mereka di Mandalika tengah berlomba.

"Kalau kita lihat postingan para pebalap, para tim, ini nih kita ke sini bukan liburan loh. Ini benar-benar bagus banget lokasinya. Jadi, semua feedback positif itu buat kami menjadi motivasi tersendiri sih untuk bisa memberi yang lebih baik lagi," Cahyadi menambahkan.

Road Sircuit Mandalika, Lombok, NTBRoad Sircuit Mandalika, Lombok, NTB Foto: Kemenparekraf

Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dipastikan akan menggelar balapan internasional tahun depan. Tahun 2022, Mandalika akan menjadi tuan rumah tiga balapan internasional. Ada MotoGP (statusnya masih sementara), World Superbike (SBK) dan Asia Talent Cup.

Mandalika bakal mulai sibuk pada Februari 2022. Pada 11-13 Februari 2022, Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP.

Untuk balapan, Indonesia akan menjadi seri kedua MotoGP 2022. Balapan pertama dilangsungkan di Losail, Qatar. Kemudian lanjut ke Mandalika di seri kedua pada 18-20 Maret 2021. Demikian termuat dalam kalender balap sementara yang sudah dirilis Dorna).

Berikut jadwal tes pramusim dan balapan MotoGP Indonesia di Mandalika:

- Tes Pramusim MotoGP: 11-13 Februari 2022
- Seri Kedua MotoGP 2022: 18-20 Maret 2022

Berbarengan dengan gelaran MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar Idemitsu Asia Talent Cup 202. Berbeda dengan negara lainnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah dua kali Asia Talent Cup 2022. ATC 2022 di Mandalika dibarengi dengan MotoGP dan World SBK.



Simak Video "Sirkuit Mandalika Dibuka Untuk Umum, Segini Harga Tiketnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)