Dean Berta, Pebalap 15 Tahun Sepupu Vinales Meninggal Dunia

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 26 Sep 2021 13:05 WIB
Dean Berta Vinales
Dean Berta Vinales, sepupu Maverick Vinales meninggal dunia. Foto: Dok. WSBK.
Jakarta -

Dunia balap kembali berduka. Dean Berta Vinales pebalap dari Tim Vinales Racing Team meninggal dunia usai mengalami insiden pada balapan FIM Supersport 300 World Championship, Sabtu (26/9/2021).

Dean Berta yang juga sepupu dari rider Aprilia, Maverick Vinales, meninggal dunia setelah crash di ajang Supersport 300 World Championship 2021. Dia mengalami kecelakaan di lap 11 tikungan dua pada race pertama seri ketujuh yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (25/9/2021).

Kecelakaan pebalap muda berusia 15 tahun ini melibatkan empat rider lain, yakni Alejandro Carrion, Daniel Mogeda, Yeray Ruiz, dan Harry Khouri. Red flag pun berkibar, balapan ditunda. Para rider yang terlibat mendapatkan perawatan medis.

Usai dua jam insiden, pihak Dorna Sport dan WSBK mengabarkan Dean Berta sudah meninggal dunia. Pebalap muda ini mengalami luka parah di bagian kepala dan dada.

"Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis sirkuit, Pusat Medis telah mengumumkan bahwa Berta Vinales telah meninggal karena luka-lukanya," tulis pernyataan Dorna seperti dikutip dari MotoGP, Minggu (26/9/2021).

"FIM, Dorna, dan pihak Sirkuit Jerez turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang tercinta dari Berta Vinales," jelas pernyataan tersebut.

Berta baru pertama kali melakukan debutnya di ajang Supersport 300 World Championship. Dia membela tim Vinales Racing Team. Pebalap muda memiliki potensi, selama debutnya Berta sudah posisi keempat terbaik di Magny-Cours di Race 2 dan posisi keenam di Race 2 Barcelona-Catalunya.

Sejumlah pembalap lainnya juga menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Jason Dupasquier. Di antaranya Marc Marquez yang mengungkapkannya melalui akun sosial media Twitter.

"Istirahatlah dalam damai Dean. Semua dukungan saya untuk keluarga dan teman-teman," tulis Marc Marquez.



Simak Video "Gak Cuma Pas KTT G20, Sedan Mewah Genesis G80 Juga Akan Dipakai Pejabat RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)