Resmi! Sirkuit Mandalika Gelar Superbike Tahun Ini, Catat Jadwalnya

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 25 Sep 2021 16:02 WIB
Jakarta -

Sirkuit Mandalika akhirnya mendapat konfirmasi tanggal penyelenggaraan balapan World Superbike (WSBK). Race tersebut akan dilangsungkan pada medio November 2021.

Kepastian Sirkuit Mandalika menggelar balapan WSBK muncul dalam press release yang dikeluarkan oleh Mandalika Grand Prix Association. Dalam siaran media tersebut, dicantumkan juga jadwal balapan Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika.

"FIM ( Federation Internationale de Motcyclisme) dan DWO (Dorna WorldSBK Organization ) telah pastikan Indonesia sebagai penyelenggara balap motor WorldSBK perdana di bulan November 2021," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Adapun jadwal WSBK di Sirkuit Mandalika akan dilangsungkan pada 19-21 November 2021. Jadwal ini mundur sepekan dari yang sebelumnya sempat beredar di media, yakni 12-14 November.

PHILLIP ISLAND, AUSTRALIA - MARCH 01: Jonathan Rea of Great Britain riding the #1 Kawasaki Racing Team WorldSBK Kawasaki competes in Race 2 of round One during the 2020 Superbike World Championship at Phillip Island Grand Prix Circuit on March 01, 2020 in Phillip Island, Australia. (Photo by Quinn Rooney/Getty Images)Resmi! Sirkuit Mandalika Gelar Superbike Tahun Ini, Catat Jadwalnya Foto: Getty Images/Quinn Rooney

Adapun keputusan memundurkan jadwal balapan tersebut terkait pertimbangan pengiriman logistik. Selain itu juga supaya tidak bentrok jadwal dengan MotoGP Valencia yang akan dilangsungkan pada 14 November.

"Jadwal putaran Indonesia ini digeser 1 minggu dari jadwal semula yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 12- 14 November diundur menjadi tanggal 19-21 November 2021, hal ini karena adanya pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang."

"Selain itu balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlansung di Valencia, dan juga yang tidak kalah serunya di tanggal 12- 14 November untuk pertama kalinya Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk event IATC (Idemitsu Asia Talent Cup) sebuah kompetisi yang dikelola oleh Dorna Group," lanjut pernyataan itu.

Dengan kepastian ini, maka Asia Talent Cup dan World Superbike 2021 akan menjadi dua balapan pertama yang digelar di Sirkuit Mandalika. Musim depan Sirkuit Mandalika ditargetkan bisa menggelar balapan MotoGP, setelah Dorna mengonfirmasi Indonesia akan kebagian jatah menghelat test pramusim.

Comeback WSBK ke Indonesia

Ini bukan kali pertama Indonesia menggelar WSBK. Pada periode 1990-an silam balapan tersebut pernah juga mampir. Ketika itu race dilangsungkan di Sirkuit Sentul.

Indonesia ketika itu menggelar WSBK selama empat musim, yakni dari 1994 sampai 1997.

"Kembalinya seri WorldSBK ke Indonesia di tahun ini yang dahulu pernah digelar di Indonesia pada tahun 1994 - 1997 tentu menjadi seri untuk Asia Tenggara yang sangat ditunggu oleh para penggemarnya di Indonesia yang memang memiliki basis kuat sebagai negara penggemar WorldSBK," sambung pernyataan resmi Mandalika Grand Prix Association

Jadwal WSBK di Sirkuit Mandalika

  • 19, 20, 21 November 2021

Jadwal Asia Talent Cup

  • 12, 13, 14 November 2021
(din/din)