Waktu Mepet, Bamsoet Optimistis WSBK Bisa Digelar di Sirkuit Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 12 Sep 2021 07:08 WIB
Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). Sirkuit Mandalika merupakan salah satu sirkuit terbaik menggunakan teknologi
Sirkuit Mandalika diyakini siap untuk menggelar balapan WSBK (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta -

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyebut balap World Super Bike (WSBK) bisa diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebab pembangunan sirkuit tersebut hampir rampung 100 persen.

"Kita mendorong penyelesaian sirkuit lebih cepat ternyata sudah selesai tinggal penyempurnaan saja," ujar Bamsoet saat peresmian kantor baru pengurus pusat IMI di Kawasan Gelora Bung Karno, Jumat (10/9/2021).

Dia menjelaskan, pagelaran WSBK yang akan berlangsung pada November 2021 tinggal masalah bangunan penunjang seperti fasilitas kesehatan berstandar internasional.

"Kemarin hanya masalah di teknis kesehatan, tapi Kemenkes, rumah sakit swasta sudah menyanggupi untuk membangun rumah sakit untuk kepentingan para pebalap, persyaratan harus ada RS yang memadai sesuai dengan standar internasional FIM," tutur Bamsoet.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR ini optimistis WSBK bisa digelar sesuai jadwal. Namun sebelum diputuskan bisa menggelar ajang WSBK, Sirkuit Mandalika harus melakukan homologasi dahulu.

Perlu diketahui, proses homologasi yang akan dilangsungkan oleh pihak FIM dan Dorna ini tidak hanya meliputi trek, namun juga infrastruktur pendukung lomba. Proses homologasi ini berlangsung secara bertahap dan tahap pertamanya sudah berlangsung sejak April lalu.

"Mungkin (diselenggarakan) karena WSBK suatu pertandingan yang jarang ditonton kecuali dari live streaming, WSBK dilakukan sekaligus uji coba Sirkuit Mandalika, kalau balapan benerannya itu bulan Maret, MotoGP-nya. Didahului mungkin dengan mini GP," jelas Bamsoet.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Eksekutif World Superbike (WSBK), Gregorio Lavilla, optimistis Sirkuit Mandalika bisa selesai tepat waktu. Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah WSBK pada 12-14 November mendatang.

Melalui laman resmi WSBK, Rabu (25/8) Lavilla mengatakan pengerjaan Sirkuit Mandalika terbilang cepat. Aspal trek Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan itu akhirnya selesai dikerjakan. Selain trek utama, sarana dan prasarana juga tengah dikebut guna mendukung digelarnya perhelatan WSBK.



Simak Video "Hindari Bentrok MotoGP, Jadwal WSBK di Mandalika Geser Seminggu"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)