Buntut Baju Balap Quartararo Terbuka, Bakal Ada Peringatan untuk Pebalap

ADVERTISEMENT

Buntut Baju Balap Quartararo Terbuka, Bakal Ada Peringatan untuk Pebalap

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 12 Agu 2021 15:50 WIB
Fabio Quartararo saat membalap di MotoGP Catalunya 2021, MInggu (6/6/2021).
Baju balap Fabio Quartararo terbuka saat balapan. Foto: Dok. MotoGP.
Jakarta -

Beberapa waktu lalu saat balapan di Catalunya, baju balap Fabio Quartararo terbuka dan dia terpaksa melepaskan pelindung dada. Pada akhirnya, Quartararo kena penalti karena tindakannya melepaskan pelindung dada.

Saat baju balapnya terbuka, Quartararo tetap melanjutkan balapan sampai finis. Kemudian dia diberikan penalti tiga detik yang membuatnya finis di urutan keenam, setelah diturunkan dari posisi tiga ke posisi empat karena pelanggaran track limit.

Aturan menetapkan bahwa semua perlengkapan pengendara harus dikencangkan saat di trek. Kini, Race Direction MotoGP menetapkan kebijakan untuk memberikan peringatan kepada pebalap jika ada masalah pada perlengkapan balapnya.

Race Director MotoGP Mike Webb menjelaskan, peringatan masalah teknis ini akan diberikan melalui pesan yang disampaikan ke dasbor motor pebalap.

"Dalam kasus masalah atau pengikatan yang terlepas pada peralatan pebalap, atau sesuatu yang tidak langsung menjadi masalah tetapi perlu diperbaiki, itu adalah situasi yang berbeda," katanya seperti dikutip Motorsport.

"Jadi kami memiliki sinyal baru di dasbor, itu menunjukkan 'equipment' di dasbor pebalap dan artinya telah dijelaskan kepada pengendara dan tim: ada masalah dengan perlengkapan Anda dan Anda harus segera memperbaikinya," katanya.

Jika pebalap harus kembali ke pit untuk memperbaikinya silakan. Atau, jika pebalap dapat memperbaikinya sambil balapan juga tidak masalah.

"Yang kami butuhkan adalah Anda segera memperbaikinya, jadi ada pesan baru tentang perlengkapan pengendara."

Sebelumnya, Kepala kru Quartararo, Diego Gubellini, menjelaskan detik-detik baju balap Quartararo terbuka saat balapan menyisakan beberapa lap lagi. Dia mengklarifikasi, bahwa Quartararo mengenakan baju balap dengan benar sebelum balapan dimulai.

"Sebelum start, Fabio menutup baju balap dengan benar (seperti yang dikonfirmasi oleh kamera on board)," kata Gubellini dalam unggahannya di Facebook.

Kata dia, detik-detik baju balap Quartararo terbuka bermula ketika Quartararo masuk tikungan pertama empat lap sebelum berakhir.

"Setelan baju balap tiba-tiba terbuka saat pengereman (menjelang) tikungan 1, 4 lap sebelum berakhir," ujar Gubellini.

Alpinestars sebagai produsen baju balap yang dikenakan Quartararo melakukan investigasi. "Setelah analisis awal (Alpinestars) menemukan baju balap itu berfungsi normal dengan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh. Tidak ada penyebab yang jelas untuk masalah MotoGP Catalunya Fabio Quartararo," kata Alpinestars.

Alpinestars tidak menemukan cacat apa pun pada baju balap Fabio Quartararo selama pemeriksaan segera setelah balapan Catalunya.

Alpinestars menegaskan airbag pada baju balap Quartararo juga tidak bermasalah. Airbag dilaporkan belum berfungsi karena tidak terjadi kecelakaan.

"Sistem Airbag Tech-Air tidak mengembang selama balapan, berfungsi seperti yang diharapkan karena tidak ada situasi tabrakan," kata Alpinestars.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT