Baju Balap Quartararo Nggak Ada Masalah, Kenapa Bisa Terbuka?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 09 Jun 2021 09:59 WIB
Fabio Quartararo saat membalap di MotoGP Catalunya 2021, MInggu (6/6/2021).
Baju balap Quartararo terbuka. Foto: Dok. MotoGP
Jakarta -

Baju balap Fabio Quartararo tiba-tiba terbuka saat balapan MotoGP Catalunya 2021 menyisakan beberapa lap lagi. Alpinestars sebagai produsen baju balap yang dikenakan Quartararo melakukan investigasi.

"Setelah analisis awal (Alpinestars) menemukan baju balap itu berfungsi normal dengan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh. Tidak ada penyebab yang jelas untuk masalah MotoGP Catalunya Fabio Quartararo," kata Alpinestars dikutip Crash.

Alpinestars tidak menemukan cacat apa pun pada baju balap Fabio Quartararo selama pemeriksaan segera setelah balapan Catalunya.

Kalau baju balap Alpinestars yang dipakai Quartararo nggak ada masalah, kok bisa terbuka saat balapan berlangsung?

Ada spekulasi dari komentator MotoGP, Steve Day, bahwa perangkat keselamatan atau airbag dari kostum balap Quartararo bermasalah dan tiba-tiba aktif. Menurutnya Quartararo kemungkinan merasa kesempitan hingga harus membuka ritsleting bagian depan dari kostumnya dan melempar pelindung dada atau chest protector-nya.

Tapi, Alpinestars menegaskan airbag pada baju balap Quartararo juga tidak bermasalah. Airbag dilaporkan belum berfungsi karena tidak terjadi kecelakaan.

"Sistem Airbag Tech-Air tidak mengembang selama balapan, berfungsi seperti yang diharapkan karena tidak ada situasi tabrakan," kata Alpinestars.

Menurut The Race, kemungkinan baju balap Quartararo terbuka disebabkan oleh ritsleting tidak tertutup sepenuhnya ketika balapan dimulai. Hal itu membuat angin masuk ke bawah leher dan perlahan membuka ritsleting. Pada gilirannya, pelindung dada atau chest protector yang terdapat di dalam baju balap bergerak. Akhirnya Quartararo melepas pelindung dada tersebut.

Kepala kru Quartararo, Diego Gubellini, berkomentar tentang terbukanya baju balap Quartararo. Dia menegaskan, Quartararo memakai baju balap dengan benar sejak awal.

"Untuk memperjelas: Fabio menutup setelan baju balap dengan benar di awal (seperti yang dikonfirmasi oleh rekaman onboard). Baju balap tiba-tiba terbuka saat fase pengereman di tikungan pertama, 4 lap sebelum akhir," kata Diego Gubellini.

"Fabio keluar trek di tikungan pertama dengan tiga lap tersisa dan kehilangan 0,7 detik. Saat mencoba menutup kembali baju balap itu, pelindung dada terbang menjauh karena kecepatannya. Fabio finis ketiga dan mendapat enam detik penalti. Kami telah menerima hukuman dan sudah memikirkan balapan berikutnya."

Pihak Alpinestars pun akan menyelidiki lebih lanjut. Baju balap Quartararo dibawa ke laboratorium Alpinestars dan dilakukan semua pengujian dan analisis untuk memahami apa yang terjadi pada baju balap Quartararo selama balapan.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)