Baju Balap Quartararo Terbuka, Dipastikan Bukan karena Airbag

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 08 Jun 2021 15:48 WIB
Yamaha French rider Fabio Quartararo rides during the fourth MotoGP free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 5, 2021 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by LLUIS GENE / AFP)
Fabio Quartararo. Foto: AFP/LLUIS GENE
Jakarta -

Alpinestars--pemasok baju balap yang dipakai Fabio Quartararo--buka suara soal kejadian baju balap Quartararo yang tiba-tiba terbuka. Alpinestars langsung menginvestigasi kejadian tersebut.

Dalam akun instagram resminya, Alpinestars mengatakan setelah balapan MotoGP Catalunya berakhir, tim Racing Development Alpinestars memulai penyelidikan baju balap Quartararo. Disebutkan bahwa baju balap Quartararo berfungsi normal.

"Setelah analisis awal pasca-balapan di truk Racing Development Alpinestars yang terletak di paddock MotoGP, tim menemukan baju balap itu berfungsi normal dengan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh," tulis Alpinestars di Instagramnya.

Selain itu, semua komponen baju balap, termasuk Sistem Airbag Tech-AirĀ®, masih utuh dan berfungsi penuh.

Sebelumnya, ada spekulasi dari komentator MotoGP, Steve Day, bahwa perangkat keselamatan atau airbag dari kostum balap Quartararo bermasalah dan tiba-tiba aktif. Menurutnya Quartararo kemungkinan merasa kesempitan hingga harus membuka ritsleting bagian depan dari kostumnya dan melempar pelindung dada atau chest protector-nya.

Aksi Membuka Wearpack yang Dilakukan Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021Aksi Membuka Wearpack yang Dilakukan Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021 Foto: MotoGP

Tapi, spekulasi itu dipatahkan oleh Alpinestars. Ditegaskan bahwa airbag belum berfungsi karena tidak terjadi kecelakaan.

"Sistem Airbag Tech-Air tidak mengembang selama balapan, berfungsi seperti yang diharapkan karena tidak ada situasi tabrakan," kata Alpinestars.

Meski begitu, ini baru penilaian pertama untuk diselidiki lebih lanjut setelah baju balap Quartararo berada di laboratorium Alpinestars. Alpinestars akan melakukan semua pengujian dan analisis untuk memahami apa yang terjadi pada baju balap Quartararo selama balapan.

Quartararo sendiri mengaku tidak mengetahui secara pasti mengapa baju balapnya terbuka saat balapan masih berlangsung. Dia menyadari baju balapnya terbuka saat balapan tinggal lima lap lagi.

"Saya mencoba untuk menutupnya lagi. Saya tidak bisa melakukannya, sampai setelah akhir balapan. Alpinestars sedang menyelidiki apa yang terjadi. Begitulah yang terjadi," kata Quartararo dikutip GP One.

Meski sempat terbuka, Quartararo mengaku baju balapnya bisa ditutup lagi. Setelah finis, ia langsung menutup ritsleting baju balapnya dan bisa ditutup dengan normal.

"Saat Anda dalam balapan, Anda hanya mencoba untuk berkendara dengan normal, dan itu tidak mudah dengan baju balap Anda terbuka," katanya.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)