Sah! Dani Pedrosa Comeback di MotoGP Styria, Fokus Uji Motor saat Balapan

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 20 Jul 2021 18:34 WIB
Jakarta -

Dani Pedrosa dipastikan mentas lagi di MotoGP Styria 2021. Rider berpostur 158 cm ini kembali bertarung dalam perebutan poin setelah memutuskan gantung helm pada November 2018 lalu.

KTM menggunakan jatah wildcard Pedrosa di MotoGP Styria 2021. Pebalap berusia 35 tahun ini ditugasi menguji sejauh mana potensi motor RC16 saat dipakai balapan.

"Pebalap penguji Red Bull KTM Factory Racing Dani Pedrosa akan membuat debut kompetitif dengan KTM RC16 dengan mengikuti seri 10 MotoGP 2021: Michelin Grand Prix Styria di Red Bull Ring, Austria pada 6-8 Agustus," bunyi pernyataan di situs resmi KTM seperti dilihat detikcom, Selasa (20/7/2021).

Seperti diketahui, Pedrosa bergabung sebagai pebalap penguji KTM sejak tahun 2019. Sejak itu, pebalap berumur 35 tahun ini tak tertarik turun ke lintasan untuk balapan.

Dia juga tidak pernah ingin masuk sebagai pebalap pengganti Pol Espargaro yang cedera --saat berseragam KTM-- pada 2019 dan 2020. Bahkan Dani Pedrosa tidak menggantikan peran Johann Zarco yang berpisah dari KTM setelah GP Misano 2019. Tugas Pedrosa cuma menguji motor RC16 pabrikan asal Austria tersebut.

Tapi usai usai gantung helm pada 18 November 2018 atau sekitar 955 hari yang lalu. Pebalap asal Spanyol ini kembali tertarik menjajal motor saat race.

Selain melepas kerinduan bertarung di arena balap, Pedrosa juga ingin merasakan sensasi balapan menggunakan RC16 di situasi sebenarnya. Tapi fokus Pedrosa di MotoGP Styria nanti hanya menguji motor.

"Sudah lama sejak balapan terakhir saya dan, tentu saja, mentalitas untuk GP sangat berbeda dengan tes. Fokus saya untuk GP adalah mencoba menguji hal-hal yang kami miliki di motor dalam situasi balapan. Saya ingin memahami permintaan riders untuk sesi dan fitur teknis yang berbeda," kata Pedrosa dalam rilis KTM, Selasa (20/7/2021).

"Menonton dari rumah saya dapat merasakan peningkatan pada motor dan balapan, tetapi untuk memahami lebih banyak tentang MotoGP sekarang, teknologi baru dan cara balapan dan menggunakan strategi melawan yang lain, kami akan menggunakan wildcard ini."

"Sulit untuk berbicara tentang harapan saya setelah begitu lama jauh dari kompetisi. Itu semua mungkin cocok dengan mentalitas balap atau mungkin tidak, tetapi kami akan mencoba menikmati akhir pekan sebanyak yang kami bisa," kata Pedrosa.

Pedrosa sebenarnya bukan rider sembarangan. Apalagi bicara loyalitasnya kepada pabrikan Honda. Selama berkarir di MotoGP, dia sudah mengantongi 31 kemenangan dan 112 hasil podium dari 13 musim di kelas utama antara 2006 dan 2018. Tetapi ia belum meraih juara di kelas MotoGP, selalu berada di urutan kedua pada 2007, 2010 dan 2012.

MotoGP 2021 saat ini sedang menjalani libur musim panas, balapan akan bergulir lagi bulan depan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, kandang bagi KTM.

(riar/lua)