Cal Crutchlow Bakal Comeback di MotoGP Austria?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 14 Jul 2021 07:53 WIB
Cal Crutchlow.
Cal Crutchlow Foto: Twitter @YamahaMotoGP
Jakarta -

Cal Crutchlow dikabarkan akan kembali di ajang MotoGP musim ini. Namun, comebacknya rider Inggris tersebut hanya menggantikan posisi sementara Franco Morbidelli yang mengalami cedera.

Franco Morbidelli mengalami cedera pada bagian lutut dan harus naik meja operasi. Cedera ini sudah terasa sejak awal Juni lalu, kemudian ia sempat mengalami crash saat mengikuti sesi latihan bebas di MotoGP Prancis.

Rasa sakit di lutut Morbidelli semakin menjadi karena dia mengalami insiden dalam sesi latihan pada akhir Juni. Setelah diperiksa, kondisi lutut Morbidelli tak memungkinkan digeber untuk balapan dan ia harus menjalani pemulihan selama beberapa pekan.

Kemudian, rumor kembalinya Cal Crutchlow muncul setelah tim Petronas Yamaha SRT tengah mencari pebalap pengganti Morbidelli untuk beberapa seri selanjutnya. Walaupun pada seri MotoGP Belanda, mereka sudah punya Garrett Gerloff sebagai rider pengganti.

Namun, keputusan Yamaha untuk mengutus Garrett Gerloff sebagai pebalap sementara mendapat pertanyaan dari bos Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg. Di sisi lain Gerloff tak bisa absen dari WorldSBK Republik Ceko karena terikat kontrak dengan tim GRT Yamaha, yang jadwalnya bentrok dengan seri MotoGP Austria putaran pertama.

Menurut Wilco, Cal Crutchlow lebih cocok menjadi pebalap pengganti Morbidelli dan sudah berpengalaman mengendarai Yamaha. Crutchlow disebut-sebut masuk dalam daftar untuk balapan Red Bull Ring mendatang pada 8 Agustus.

"Jelas saya menginginkan Cal (Crutchlow) di atas motor, dia mengenal Sirkuit Assen dan dia adalah pebalap penguji. Sementara pemilihan Garrett (Gerloff) adalah sebuah pertaruhan, itu berisiko," kata Wilco Zeelenberg dikutip Visordown.

Sebelumnya, Cal Crutchlow pernah menunggangi motor pabrikan asal Jepang tersebut selama tiga musim di kelas MotoGP. Dari tahun 2011-2013, pebalap asal Inggris itu bergabung bersama tim satelit Yamaha dan berhasil meraih delapan kali podium.

Setelah pensiun dari MotoGP di akhir musim 2020, Cal Crutchlow mendapat kontrak dari Yamaha untuk menjadi pebalap penguji, menggantikan posisi Jorge Lorenzo.

Jika benar Yamaha mengambil keputusan tersebut, maka rider berusia 35 tahun itu berkesempatan kembali membalap di ajang MotoGP Austria pada awal Agustus mendatang.

Tak hanya Crutchlow, rider papan atas yang diisukan akan kembali ke balap MotoGP adalah Dani Pedrosa. Kabarnya, Pedrosa akan bergabung dengan tim KTM karena dirinya penasaran ingin menjajal motor RC16 di lintasan sesungguhnya.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)