Intip Spek Motor Rossi-Morbidelli Bersama Petronas Yamaha

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 02 Mar 2021 08:03 WIB
Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021
Motor MotoGP Rossi-Morbidelli musim 2021. Foto: Instagram @frankymorbido
Jakarta -

Valentino Rossi bersama tim Petronas Yamaha SRT resmi meluncurkan motor balap untuk MotoGP 2021. Di tim Petronas Yamaha SRT, Rossi akan balapan bersama rekannya, Franco Morbidelli. Keduanya mendapatkan motor Yamaha YZR-M1 dengan livery yang lebih segar.

Petronas Yamaha SRT meluncurkan motor dengan warna khas mereka, hitam dan pirus atau toska persis dengan corak musim lalu seperti yang digunakan Franco Morbidelli pada musim 2019 dan 2020. Untuk musim ini, motornya tetap menggunakan Yamaha YZR-M1.

"Ini pengalaman baru dan saya tidak sabar menunggu!" kata Rossi saat peluncuran tim dalam situs MotoGP, Senin (1/3/2021).

"Saya suka motor baru, helm dan livery-nya. Saya ingin kompetitif, berjuang untuk podium, berjuang untuk memenangkan balapan dan juga berjuang untuk posisi yang baik di klasemen Kejuaraan Dunia."

"Kami semua sangat fokus pada target kami untuk membuat yang terbaik semampu kami. Saya pikir berduet dengan Franco, kami adalah pasangan pembalap yang sangat menarik karena kami sangat mengenal satu sama lain. Seluruh tim memiliki banyak motivasi dan saya akan memberikan yang terbaik. maksimal untuk mencapai hasil terbaik bersama. Kami siap untuk memulai," jelas Rossi.

Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021 Foto: Petronas Yamaha SRT

Bagaimana spek motor Rossi bersama Petronas Yamaha untuk MotoGP 2021?

Mengutip laman resmi Petronas Yamaha SRT, Rossi dan Morbidelli akan menunggangi Yamaha YZR-M1. Sama seperti motor tim pabrikan, M1 tunggangan Rossi ini menggendong mesin 1.000 cc berpendingin cairan empat silinder dengan crossplane crankshaft. Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Tenaga maksimal dari motor Rossi-Morbidelli bisa mencapai 240 daya kuda, atau bahkan lebih. Motor ini bisa dipacu lebih dari 300 km/jam di lintasan balap.

Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021 Foto: Instagram @valeyellow46

Yamaha YZR-M1 milik Rossi-Morbidelli dibekali sasis aluminium twin-tube. Untuk menjaga stabilitas, terdapat suspensi upside down di depan dan shock breaker yang disokong oleh Ohlins.

Motor ini memiliki velg forged magnesium berukuran 17 inci di depan dan belakang. Velg itu dibungkus oleh ban Michelin 17 inci yang disesuaikan untuk berbagai kondisi lintasan.

Setelah dipacu dengan kecepatan tinggi sebelum memasuki tikungan, Rossi dan Morbidelli harus bisa mengurangi kecepatan motor. Untuk itu, Yamaha M1 tunggangan Rossi-Morbidelli ini dibekali rem Brembo dengan dua piringan karbon berukuran 320 mm atau 340 mm.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)