Quartararo Tak Setuju Rossi Ikut Campur Mutakhirkan M1?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 18 Des 2020 09:50 WIB
Frances Fabio Quartararo sits on his Yamaha prior to the start of the Aragon Motorcycle Grand Prix at the Motorland circuit in Alcaniz, Spain, Sunday, Oct. 18, 2020. (AP Photo/Jose Breton)
Fabio Quartararo tak ingin banyak pebalap ikut campur pengembangan Yamaha YZR-M1 Foto: AP/Jose Breton
Jakarta -

Fabio Quartararo musim depan berseragam pabrikan Yamaha. Tapi rider Prancis ini tak ingin banyak pilot lain yang turut andil dalam pengembangan motor YZR-M1. Apa alasannya?

Valentino Rossi bertahun-tahun jadi rider pabrikan Yamaha, tentu saja YZR-M1 sudah bukan barang baru baginya. The Doctor pun mengatakan siap jika diminta ikut pengembangan motor. Kabar baik? belum tentu menurut Fabio Quartararo.

"Saya pikir semakin sedikit orang di sana yang mengerjakan sepeda motor, semakin baik. Saya pikir ketika ada begitu banyak pebalap yang terlibat dalam pengembangan motor, itu hanya akan menimbulkan kebingungan," kata Quartararo seperti dicuplik Paddock GP, Jumat (18/12/2020).

Sebagai pebalap pabrikan, Fabio Quartararo akan banyak menguji komponen dalam proses pengembangan motor. Jadi fokus rider pun tak hanya sekedara kualifikasi dan balapan saja.

Fabio Quartararo berharap Yamaha bisa mendengar sarannya, khususnya terkait pengembangan motor. Ia yakin betul dapat membawa pabrikan berlambang garputala berjaya lagi melahap segala trek, kendati masih minim pengalaman di MotoGP.

"Saya akan memberikan pendapat saya kepada Yamaha dan saya berharap mereka akan mendengarkannya. Saya akan melakukan apa saja untuk membantu membawa motor ini ke puncak."

"Saya khawatir karena tahun lalu motornya bagus di 19 trek, sedangkan tahun ini dalam 14 balapan, di tujuh sirkuit berbeda, motornya berperilaku baik hanya di tiga atau empat trek. Saya punya ide untuk selanjutnya tahun dan saya berharap Yamaha akan mendengarkan saya, tetapi saya juga khawatir karena ada beberapa balapan yang tidak saya sukai."

"Saya tidak memiliki banyak pengalaman MotoGP, tapi saya pikir saya tahu apa yang harus saya katakan kepada Yamaha. Di masa lalu mereka telah membuat sepeda motor yang luar biasa dan Anda harus mempercayainya. Saya pikir Anda harus mempercayai tim. Saya tidak sabar untuk memberitahu mereka ide saya," tutup Quartararo.



Simak Video "Jack Miller Tercepat di Hari Pertama Tes Final MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)