Tak Hanya Konsisten, Ini Rahasia Joan Mir Bisa Sabet Gelar Juara Dunia

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 10:43 WIB
Joan Mir
Joan Mir juara dunia MotoGP 2020 Foto: Twitter @CEVMotorcycle
Jakarta -

Suzuki patut berbangga hati, membawa Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP 2020. Apa rahasianya?

Joan Mir baru berumur 23 tahun, sudah memenangi juara dunia MotoGP di tahun keduanya bersama GSX-RR. Meskipun hanya satu kali memenangi Gran Prix, tapi dia selalu konsisten dengan naik 7 podium dari 14 seri yang digelar.

Kepala Kru Suzuki, Frankie Carcedi mengatakan sejatinya Joan Mir adalah pebalap berbakat dengan paket komplit dan layak menjadi juara dunia.

"Melihat mentalnya, pola latihan dibutuhkan segalanya. Tidak cukup untuk jadi sangat berbakat. Ia memiliki seluruh paket," ujar Carchedi seperti Speedweek, Rabu (1/12/2020).

Carchedi bergabung dengan Suzuki bersama Mir di akhir musim 2018. Ada beberapa fakta yang ditemukan dalam data telemetri sejak bekerjasama dengan Joan Mir. Pebalap asal Mallorca itu punya hubungan dan perasaan yang tajam dengan GSX-RR.

"Sulit untuk membahas detailnya, tetapi bagaimana dia mengatur rem, bagaimana dia menghentikan motor - semuanya tidak harus tepat untuknya, tidak peduli apakah cengkeramannya baik atau buruk, dia bisa membuat perbedaan," sambungnya.

Terutama soal ban, yang banyak dikeluhkan rider lain selama gelaran MotoGP 2020.

"Ban menawarkan lebih banyak cengkeraman dan menjadi sedikit lebih soft setiap tahun, jadi Anda dibatasi seberapa banyak Anda benar-benar dapat menghentikan motor."

"Tetapi, ia berhasil menemukan batas yang bisa diharapkan dari ban, dan ia kemudian bermain dengan pengereman hingga melewati batas dengan mudah," tambahnya.

"Ini luar biasa dan tentu itu adalah kekuatannya. Untuk seorang pria muda, ia memiliki perasaan yang hebat di motor. Ia tidak menjelaskan secara detail, tetapi Anda dapat mencoba sesuatu yang sangat kecil dan ia dapat memberi tahu Anda apa yang positif dan negatif tentang hal itu," tutupnya.

Mir mengunci gelar juara dunia, usai mengumpulkan 171 poin dari 14 seri balapan pada musim ini.



Simak Video "Setelah Sekian Podium, Akhirnya Joan Mir Menang Juga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)